Wabah Menari,Wabah Aneh Zaman Dulu

Menari pernah menjadi wabah yang aneh dan ditakuti pada zaman dahulu. sebenarnya ide artikel berasal dari rewatch anime terkenal one piece. Kemaren ketika admin lagi nonton-nonton ulang one piece, disebutkan disana dance powder. Anehnya dance powder disana malah bubuk pemanggil hujan. Penasaran dong, admin mulai browsing-browsing, ternyata ketemu sejarah tentang wabah aneh didunia.

Menari merupakan hiburan yang banyak dilakukan oleh kita saat ini. Menari dapat menghilangkan stress, sebagai tempat untuk melampiaskan segala perasaan dan merubah semua itu dalam bentuk gerakan mengikuti dentuman aliran music. Menari bermanfaat untuk kesehatan, itu karna menari menggerakkan keseluruhan anggota tubuh sehingga membakar kalori tubuh.

Namun taukah kalian para pembaca gakbiasa.com, menari pernah menjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Mereka menari padahal tidak ingin melakukannya. Badan mereka bergerak sendiri tanpa bisa dikendalikan, mengapa ini terjadi ? ini dikarnakan wabah menari. Memang terdengar aneh dan tidak masuk akal, namun peristiwa ini benar terjadi. Kali ini admin akan jelaskan tentang fenomena wabah menari yang terjadi, silahkan simak :

BACA JUGA : Tradisi unik dari nigeria, wanitanya mesti melakukan ritual ini !!

ilustrasi wabah menari
ilustrasi wabah menari (image source)

SEJARAH

Jika ditelusuri berdasarkan sejarah yang terdokumentasikan,fenomena wabah menari ini pertama kali ditemukan di Strasbough, Alasace. Strasbough sekarang terletak di perancis, tepatnya perancis bagian timur. Kejadian tersebut terjadi sekitar tahun 1518 pada bulan juli di musim panas. Fenomena ini tidak tau bagaimana mulanya namun yang jelas di mulai dari seorang gadis.

Gadis tersebut bernama Troffea, tidak diketahui ciri wanita tersebut, namun ini diawali oleh menarinya wanita bernama troffea ini. Troffea mulai turun ke jalan dan menari, berjam-jam hingga berhari-hari. Anehnya troffea menari tanpa henti, orang-orang bingung dan cemas melihat apa yang troffea lakukan. Wanita ini menari hingga kakinya lecet dan berdarah .

Orang-orang yang mulanya heran dan cemas melihat troffea ntah mengapa mulai bergabung satu per satu. Kejadian ini tentu sangat mencemaskan terlebih mereka yang menari seperti tertular wabah tertentu sehingga mengikut tarian tersebut. mereka tidak makan dan minum berhari-hari. Akibat dari itu tentu saja mereka kehilangan tenaga tanpa sempat mengisinya kembali, banyak orang yang gugur ketika wabah tersebut terjadi, ada yang terkena serangan jantung, Stroke atau kelelahan yang terlalu berlebihan.

Kejadian ini setidaknya memakan 15 orang korban perhari. Penyebaran virus ini sangat cepat sehingga hampir wilayah eropa pernah terjangkit oleh wabah ini. Belum diketahui secara pasti berapa banyak korban yang berjatuhan, namun dikutip dari berbagai sumber, kasus kematian akibat wabah menari ini mencapai 400 orang.

Bagaimana kasus wabah menari ini berakhir tidak diketahui secara pasti, jangan kan hal itu, penyebab wabah ini saja masih menjadi perdebatan hingga saat ini.

DUGAAN PENYEBAB WABAH

Seperti yang admin katakan sebelumnya, wabah ini tidak diketahui secara pasti mengapa terjadi. Banyak dugaan yang dikemukakan para ahli, admin akan coba jelaskan sehingga teman-teman dapat memilih mana yang menurut kalian paling benar :

  1. Tekanan Stress

Pada saat wabah tersebut terjadi, masyarakat sekitar memang sedang kesulitan. Mereka stress akibat kemiskinan, kelaparan dimana-mana serta wabah dan penyakit lain yang selalu mengintai. Jadi menari menjadi bentuk protes mereka pada pihak penguasa. Lantas kenapa mesti menari ? Dijelaskan oleh Waller, seorang ahli sejarah kedokteran di Michigan State University menyebutkan kemungkinan menari berhubungan dengan Respon terhadap kesengsaraan , sugesti hingga kepercayaan yang beredar di masyarakat.

ilustrasi wabah menari
ilustrasi wabah menari (image source)
  • Ergot

Dugaan alasan kenapa wabah ini terjadi berikutnya adalah ergot. Untuk yang belum tau, ergot adalah jamur api, salah satu jamur yang hidup sebagai parasit di padi atau tebu. Ergot ini jika dimakan, orang yang memakan akan terkena berbagai gejala  seperti  halusinasi, kejang-kejang, bahkan kelumpuhan.

  • Aliran Kepercayaan

Masyarakat zaman dulu memang sangat kental terhadap hal-hal mistis dan spiritual. Bisa jadi hal tersebut disebabkan akibat kepercayaan mereka terhadap suatu aliran. Mereka melakukan hal tersebut kemungkinan untuk mendapatkan sesuatu, semacam ritual yang dilakukan. Ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang ikut menari.

Nah tidak jelas memang penyebabnya, namun setidaknya ada 3 pendapat yang terkenal mengenai hal ini. Namun setidaknya kejadian ini kemungkinan asli karna banyak didokumentasikan di catatan medis, jurnal atau catatan agama pada saat itu.

Dunia memang menyimpan banyak misteri, banyak hal unik yang memang terjadi pada zaman dulu yang kalau zaman sekarang mendengar atau membacanya seperti tidak mungkin terjadi. Percaya tidak percaya namun itulah yang terjadi.

Sekian artikel kali ini yang admin tulis, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *