VAMPIR ADA DI DASAR LAUT?!? CUMI-CUMI VAMPIR DARI NERAKA

Hallo para pembaca yang GakBiasa, siapa di sini yang suka makan seafood? semua pasti suka dong, khususnya buat kalian yang tidak punya alergi sedikitpun dengan makanan seafood. Berbicara soal seafood, kali ini ada satu binatang laut sangat yang menarik perhatian admin, yaitu cumi-cumi vampire. Admin yakin setelah menengar namanya kalian akan bertanya-tanya tentang nama cumi-cumi ini, apakah vampir asli atau cuman sekedar nama?, kali ini admin akan membahas tentang cumi-cumi vampir dari neraka ini, yuk mari baca!


  • Cumi-Cumi Vampir

Cumi-cumi vampire atau bahasa latinnya yaitu Vampyroteuthis infernalis yang berarti “vampire squid from Hell“, disebut demikian karena warna kulitnya yang merah menyala seperi darah dan penampilannya yang menyeramkan. Cumi-cumi ini tinggal pada kedalaman 600-1000 meter, dapat tumbuh hingga panjang 30 cm. Cumi-cumi ini ditemukan pertama kali pada tahun 1903 yang mana mereka salah mengira bahwa itu adalah seekor gurita. Bentuk cumi-cumi biasanya dijumpai panjang seperti torpedo tetapi tidak untuk cumi-cumi vampir, yang mana bentuknya mirip sekali seperti gurita dan tentakelnya yang hanya berjumlah 8.

Source Gambar

  • Deskripsi cumi-cumi vampir

Cumi-cumi ini memiliki kulit berwarna merah seperti darah, dengan 8 tentakel yang memiliki selaput seperti gurita. Pada bagian kepalanya terdapat sepasang sirip berbentuk seperti telinga yang bergerak lambat. Memiliki mata besar yang berwarna kebiruan, tetapi sayangnya mata ini hampir tidak berguna karena pada habitatnya tidak terdapat cahaya. Tetapi sebagai gantinya ia memiliki sepasang tali benang berwarna kuning yang berfungsi untuk sensor. Untuk makanannya sendiri cumi-cumi ini biasanya memakan marine snow dan binatang-binatang kecil yang ada disekitarnya seperti copepoda dan ikan-ikan kecil.


  • Apa yang membedakannya dengan cumi-cumi lain?

Secara umum habitat cumi-cumi ada di perairan dangkal dan perairan dalam, yang mana cumi-cumi dapat ditemukan hingga kedalaman kurang lebih 300 meter. Tetapi lain halnya dengan cumi-cumi vampir, yang mana ia tinggal di kedalaman 600-1000 m. Bentuk fisiknya yang tidak seperti cumi-cumi pada umumnya yang berbentuk seperti torpedo, serta tentakel yang hanya berjumlah 8 saja membuat cumi-cumi vampir memiliki keistimewaan dibanding cumi-cumi lainnya. Selain itu cumi-cumi vampir bukan merupakan hewan yang aktif, dengan tubuh yang ringan ia hanya menghabiskan waktunya berdiam diri disuatu tempat sembari memakan binatang-binatang kecil disekitarnya.


Jadi itu tadi penjelasan admin mengenai cumi-cumi vampir. Tidak seperti namanya, ternyata cumi-cumi ini tidak terlalu menakutkan, hanya saja masih banyak sekali hewan-hewan laut lainnya sampai saat ini masih belum kita ketahui, bisa saja kita menjumpai makhluk yang lebih seram dari cumi-cumi vampir ini bukan? seperti beruang laut misalnya hehehehehe.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *