5 Fakta mengenai Tsunami Aceh

  • by
Tsunami

Tepat pada tanggal ini sekitar 16 tahun yang lalu, terjadi bencana nasional yang melanda beberapa wilayah indonesia. Tsunami tersebut mengakibatkan kerusakan yang luar biasa yang sampai hari ini pun setelah 16 tahun terjadi masih terdapat sisa-sisa kerusakan. daerah yang paling merasakan dampak adalah Aceh, terdapat kerusakan yang sangat hebat dirasakan aceh dan dampak tersebut masih terasa sampai sekarang

Untuk mengenang hal tersebut, admin akan memberikan 5 fakta mengenai tsunami aceh sehingga kita tetap mengingat musibah nasional tersebut :

Baca Juga : Gempa Bumi : Pengertian,Jenis dan Dampak

Berkekuatan 1500 kali Bom Atom Hiroshima

Tsunami pada dasarnya disebabkan karna adanya retakan pada lempengen. Retakan lempengen tersebut dipicu karna adanya gempa yang menghasilkan energi besar sehingga mampu menghasilkan retakan pada lempengan. Energi yang dilepaskan diperkirakan mencapai 26 Megaton TNT.

Gempa Bumi Sumatra Andaman begitulah mereka menamai Gempa yang memicu tsunami aceh pada tahun 2004 silam. Gempa ini menjadi urutan ke 3 terkuat sejak tahun 1900 dengan kekuatan 9,1 Skala Richter. Urutan 1 dan 2 adalah Gempa Chili 9,5 Skala Richter pada tahun 1960 dan Gempa yang terjadi di Alaska pada tahun 1964 dengan kekuatan 9,2 Skala Richter.

Gempa
Gempa


Dampak Sampai Ke Afrika

Tsunami yang terjadi ketika tahun 2004 silam ternyata tidak hanya melanda indonesia. gempa yang sangat dashyat tersebut membuat tsunami yang merusak sebagian besar pesisir yang berbatasan langsung dengan samudra hindia

gempa tersebut pada dasarnya memang terjadi di samudra hindia. terhitung terdapat 14 negara yang terkena dampak mulai indonesia, sri lanka, thailand, maladewa hingga pesisir timur afrika.

Ketinggian Tsunami mencapai 30 Meter

Dengan tinggi gelombang yang mencapai 30 meter atau 100 kaki tentu akan menyapu apa saja yang berada di bawahnya. terlebih hempasan gelombang tinggi tersebut meratakan aceh.

hal lain yang menakutkan ketika tsunami aceh terjadi adalah kecepatan gelombang sampai kedaratan. tercatat gelombang sampai ke pantai aceh hanya sekitar 30 menit sesudah gempa terjadi. hal ini tentu saja membuat warga menjadi kesulitan mencapai daerah yang lebih tinggi dengan waktu secepat itu dan gelombang setinggi 30 meter.

Tsunami Aceh
Tsunami Aceh

Tsunami dengan Korban Paling Banyak

Dengan sistem yang tersedia pada zaman itu belum cukup mumpuni untuk mendeteksi dan memberi kabar pada warga bahwa akan terjadi tsunami. hal ini berdampak pada jumlah korban yang dihasilkan mencapai lebih dari 200 ribu jiwa. angka ini merupakan akumulasi dari semua daerah yang terdampak dari tsunami ini

Tsunami aceh menjadi tsunami yang tercatat sebagai tsunami yang memakan korban jiwa terbesar (source: brilio.net). bukan sebuah prestasi yang patut dibanggakan namun sebagai pengingat kita bahwa kita masih kurang dalam hal penanganan dan pencegahan musibah serta evakuasi dararut.

Memiliki Banyak Nama

Tsunami aceh merupakan penamaan kita sebagai warga indonesia. Banyak sebutan lain dari tsunami ini seperti tsunami asia selatan, tsunami indonesia, tsunami natal dan tsunami boxing day.

Untuk gempanya sendiri dinamakan sebagai Gempa Bumi Sumatra Andaman.

akibat tsunami
akibat tsunami

Nah itu tadi beberapa fakta mengenai Tsunami aceh yang terjadi 26 Desember 2004, 16 tahun yang lalu. semoga kita sudah banyak berubah dan mampu mengurangi dampak dari hal ini ketika sewaktu-waktu hal ini terulang lagi