TIBA-TIBA MUNCUL MEMAR, APAKAH KITA DICUBIT SETAN?!?

Hallo para pembaca yang GakBiasa, pernahkah pada bagian tubuh kalian terdapat memar biru? yaap, admin yakin hampir semua dari kalian pernah memilikinya, baik itu karena terjatuh ataupun terkena benturan benda tumpul. Tapi bagaimana jadinya jika memar biru itu muncul tiba-tiba tanpa sebab? apakah hal itu terjadi karena dicubit setan atau dijilat setan?. Kali ini admin akan menjelaskan tentang memar biru tersebut dan bagaimana bisa memar itu muncul sendiri pada tubuh kita, yuk mari baca!

  • Definisi memar pada tubuh

Memar (atau biasa disebut lebam) adalah jenis cedera pada tubuh, yang mana hal ini mengakibatkan aliran darah yang pada sistem kardiovaskular mengendap di jaringan sekitarnya, tetapi tidak disertai dengan lapisan kulit yang robek, sehingga pada bagian kulit akan terlihat warna biru/ungu. Warna tadi tercipta karena hasil perubahan dari hemoglobin menjadi bilirubin, yang mana setelahnya bilirubin tadi akan berubah menjadi hemosiderin yang berwarna coklat. Hal ini bisa kita lihat semasa pemulihan memar pada tubuh, warna biru/ungunya akan berubah menjadi coklat.

  • Cara mengobati memar pada tubuh

Ada banyak cara untuk mengobati memar pada tubuh, salah satunya dengan cara mengkompres dengan air hangat pada daerah memar. Hal ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah terperangkap di area sekitar memar, selain itu juga dapat melonggarkan otot-otot didaerah sekitar sehingga mengurangi rasa sakit. Adapun cara lainnya yaitu dengan vitamin C, yang mana pada vitamin C terdapat sifat anti-inflamasi yang digunakan untuk meningkatkan penyembuhan pada luka. Serum dan gel yang mengandung vitamin C juga dapat meredakan efek memar dengan cara mengoleskannya di area sekitar kulit memar.

  • Memar yang muncul tiba-tiba

Ada beberapa sebab yang mengkibatkan timbulnya memar pada tubuh secara tiba-tiba, yaitu :

1. Olahraga berat berlebihan

Hal ini mungkin terjadi pada kita, terutama olahraga berat yang mana otot akan bekerja lebih keras dan tegangan yang banyak dari otot ini menyebabkan pecahnya pembulu darah sehingga mengakibatkan memar.

2. Kurangnya asupan nutrisi untuk tubuh

Kurangnya nutrisi pada tubuh, terutama seperti vitamin C dan K. Vitamin C berperan penting untuk membantu proses penyembuhan luka dan pembentukan kolagen, sehingga kurangnya vitamin C pada tubuh dapat mengakibatkan pembulu darah kecil pecah dan mengakibatkan memar. Vitamin K berguna untuk membantu proses agar darah dapat membeku, sehingga kurangnya konsumsi vitamin K dapat menyebabkan terhambatnya proses pembekuan darah.

3. Obat-Obatan

Salah satu penyebab terjadinya memar pada tubuh yaitu mengkonsumsi obat-obatan. Ada beberapa obat tertentu yang dapat menyebabkan memar, seperti obat pengencer darah atau antikoagulan(warfarin) dan obat penghilang rasa sakit (ibuprofen, aspirin, dan naproxen), yang mana efek dari obat-obat ini dapat mempengaruhi pembekuan darah. Efek setelah kemampuan untuk pembekuan darah terhambat mengakibatkan darah yang ada didalam pembulu darah akan bocor dan darah akan berkumpul dibawah kulit sehingga terciptalah efek memar.

4. Leukimia

Untuk penderia leukimia hal ini mudah terjadi karena kurangnya trombosit yang berfungsi untuk proses pembekuan darah.

5. Efek penuaan

Pada fase penuaan pada tubuh (terutama ketika sudah berumur 60 tahun keatas), tubuh akan sulit memproduksi kolagen, sehingga tubuh mudah terkena memar.

Jadi itu tadi sobat penjelasan memar dan mengapa bisa muncul memar secara tiba-tiba, admin yakin dengan menjaga pola makan sehat dan olahraga tidak berlebihan akan membuat tubuh kita terhindar dari memar tersebut. Setelah penjelasan admin tadi, admin harap kalian tidak perlu mengatakan jika memar ini disebabkan oleh cubitan atau jilatan setan lagi yaa!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *