Alasan Kenapa Tertawa dan Menguap Itu Menular ?

ilustrasi tertawa

Taukah kalian bahwa tertawa dan menguap itu menular loh. Memang aneh dan mungkin kalian ngga percaya tapi inilah faktanya. Diantara kalian pasti pernah tertawa hanya dengan mendengar suara tertawaan orang, setidaknya kalian pasti tersenyum lebar. Bahkan dalam kondisi dimana anda tidak mengerti apa yang ditertawakan anda pasti akan tertawa juga jika melihat orang-orang disekitar anda tertawa.

Begitu juga dengan menguap. Menguap biasanya terjadi karna kita merasa mengantuk atau bosan tidak ada yang mau dilakukan. Namun jika ketika kalian menguap dan ada yang memperhatikan maka yang memperhatikan tersebut akan menguap juga. Ngga percaya ? silahkan coba sendiri. Lihat teman anda menguap, respon tidak sadar anda berikutnya adalah menguap juga.

BACA JUGA : TIBA-TIBA MUNCUL MEMAR, APAKAH KITA DICUBIT SETAN?!?

Berdasarkan permasalahan diatas, admin yang semulanya tidak tau mengapa ini bisa terjadi akhirnya mencoba menyelidiki bagaimana itu bisa terjadi. Admin akan rangkum semua informasi yang admin dapatkan kedalam artikel tentang mengapa tertawa dan menguap itu menular, silahkan disimak

ilustrasi tertawa
ilustrasi tertawa (Image Source)

ALASAN MENGAPA ITU MENULAR

Ternyata alasan kenapa tertawa dan menguap itu menular hampir sama Mari kita bahas satu-satu. Tertawa itu menular ternyata disebabkan oleh sifat kita yang suka meniru orang lain. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita memang suka meniru orang lain ketika berhadapan baik itu cara bicara, pemilihan kata, gaya ketika berbicara semuanya pasti akan terpengaruh dengan lawan bicara.

Begitu juga dengan tertawa, melihat orang tertawa secar a spontan otak kita akan merespon dengan tertawa juga. Otak kita merespon suara-suara tertentu yang menyebabkan ekspresi muka kita ikut berubah. Sebagai contoh yang lain jika mendengar suara menjerit otomatis kita akan memperlihatkan ekspresi takut, begitu juga dengan mendengar suara muntah, kita akan memperlihatkan ekspresi jijik.

Berikutnya masalah menguap, menguap faktanya memang menular, kenapa ? karna dari beberapa studi kasus dan penelitian yang dilakukan, hampir rata-rata mereka yang melihat seseorang menguap akan menguap juga. Banyak teori yang menjelaskan mengapa menguap itu menular. Ada yang mengatakan bahwa itu masalah persepsi indra, ada juga masalah empati dan ada juga masalah meniru. Namun yang menurut admin paling benar adalah karna meniru.

Meniru ini merupakan sifat alami dari manusia, setiap manusia akan meniru baik itu sadar atau tidak. Menguap ini termasuk kedalam Echophenomenon yaitu sifat atau prilaku meniru otomatis. masalah menguap ini juga bisa dijadikan sebagai ilmu psikologi. Salah satu ilmu psikologi adalah ketika kita berbicara dalam jumlah banyak seperti forum. Kita bisa tau siapa saja yang memperhatikan kita dengan cara menguap. Mereka yang memperhatikan kemungkinan akan menguap juga.

ilustrasi menguap
ilustrasi menguap (Image Source)

APAKAH PRILAKU BURUK ?

Jawabannya jelas tidak. Prilaku meniru adalah prilaku alami manusia. Otak kita memang didesain atau setidaknya dari kecil kita memang dibiasakan seperti itu. Cara kerja otak tersebut lebih ke alam bawah sadar, sehingga sangat sulit untuk di kontrol. Tertawa dan menguap bukanlah hal yang buruk, jika ingin meniru hal tersebut ya silahkan saja, toh juga tertawa baik untuk kesehatan.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang kita dapat adalah menguap dan tertawa cenderung memiliki penyebab yang sama, yaitu kita meniru seseorang yang kita lihat. Ini disebabkan karna kecenderungan otak kita untuk meniru mereka yang ada disekitar kita baik itu prilaku, cara bicara, gaya, atau apapun itu secara tidak sadar.

Nah itu tadi alasan kenapa tertawa dan menguap itu menular, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *