Teknik Operasi Zaman Dulu, Trepanasi

Hallo gakbiasa lover, ada yang pernah nonton one piece ? kali ini admin akan bahas tentang salah scene di film one piece dimana tengkorak jatuh dari atas langit. Tengkorak tersebut terlihat memiliki lubang dikepala, dijelaskan oleh chopper bahwa itu merupakan teknik operasi yang lakukan pada zaman dulu. Penasaran dengan hal itu admin mencoba mencari tau apakah teknik tersebut memang ada di dunia nyata.

Sungguh tak disangka bahwa sebenarnya teknik tersebut ada. Teknik itu disebut dengan Trepanasi. Trepanasi adalah metode pembedahan yang digunakan oleh masyarakat zaman dulu dengan cara melubangi tengkorak kepala. Wow seram ngga tu ? nah untuk kesempatan kali ini, admin akan jelaskan teknik operasi zaman dulu, trepanasi, perhatikan ya :

BACA JUGA : Unik, Tradisi gak biasa ini menutup lubang hidungnya dengan sesuatu

ASAL TEKNIK INI

Masih banyak simpang siur sejarah tentang dari mana asal dari teknik pembedahan ini. Yang jelas masyarakat zaman dahulu telah menggunakannya, ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa tengkorak yang hidup dulu sekali memiliki lubang di kepala nya.

teknik operasi trepanasi
teknik operasi trepanasi (image source)

Dilansir dari nationalgeographic, teknik pemebedahan ini telah ada sejak abad 11 sampa 6 sebelum masehi. Pada zaman tersebut teknik ini digunakan untuk mengobati masalah cedera kepala. Mengingat pada zaman dahulu peperangan dilakukan dengan lemparan batu adu pukulan dan sebagainya yang masih berhubungan dengan fisik tanpa ada teknologi yang maju seperti sekarang ini. Pada saat itu cedera kepala seperti retak akan sering terjadi. Operasi ini dilakukan untuk mengangkat serpihan retakan yang berkemungkinan sangat bahaya jika dibiarkan

Berbeda hal dengan yang dilansir dari tribunnews, teknik trepanasi pertama kali ditemukan dan dilakukan oleh suku inca. Suku inca terkenal akan kemampuan para dokter nya yang ahli melakukan hal ini. Trepanasi yang dilakukan oleh suku inca digunakan untuk menghilangkan penumpukan darah ketika terjadi cedera di kepala.  Sebuah studi yang dilakukan oleh David S.Kushner, John W Verano dan Anne R, tingkat bertahan hidup suku inca mencapai 80% yang berarti teknik ini pada saat itu juga membantu mengatasi berbagai permasalahan yang mengancam nyawa.

READ  BEBERAPA PHOBIA PALING ANEH DI DUNIA YANG GAK MASUK AKAL

BAGAIMANA MELAKUKANNYA ?

Hal yang berikutnya yang teman-teman pasti tanyakan adalah bagaimana mereka melakukannya. Hal ini sudah jelas mengingat teknologi kedokteran pada zaman dahulu yang masih terbatas. Kita pasti mengira prosedur tersebut akan berlangsung sakit. Belum ada data atau catatan fisik yang ditemukan tentang bagaimana prosedur trepanasi dilakukan. Apakah dilakukan langsung atau melakukan anestasi terlebih dahulu

Anestasi adalah hal yang dilakukan sebelum melakukan pembedahan guna menghilangkan rasa sakit yang mungkin akan diterima pasien jika ia terjaga. Berbagai teori mengemukakan tentang bagaimana mereka, masyarakat zaman dahulu melakukan anestasi. Teori pertama yang sering disebut adalah menggunakan tanaman koka, dimana tanaman koka ini sendiri memiliki efek menghilangkan kelelahan dan meningkatkan energy. Ada jugayang mengatakan dengan menggabungkan antara tanaman koka dan herbal lain untuk melakukan anestasi. Begitu banyak teori yang disebutkan mengingat mereka para ilmuan akan menerka-nerka bagaimana proses anestasi dulu dilakukan.

teknik operasi trepanasi
teknik operasi trepanasi (image source)

Mungkin kita bertanya apakah mereka yang mendapatkan pembedahan trepanasi ini sembuh ? jawabannya adalah ketika diteliti tengkorak yang memiliki lubang kepala tidak memperlihatkan ada reaksi sakit yang diterima baik sebelum atau sesudah operasi dilakukan. Ini membuktikan bahwa kemungkinan pada zaman dahulu, dilakukan anestasi sebelum pasien dilakukan operasi

Dilansir dari liputan6, hampir seluruh lubang dikepala untuk melakukan trepanasi berada pada obelion. Obelion adalah bagian atas tengkorak yang menghadap kebelakang. Teknik yang dilakukan bervariasi, ada yang mengebor, memotong hingga mengikis yang dilakukan menggunakan alat yang tajam

KESIMPULAN

Teknik melubangi kepala atau disebut trepanasi merupakan teknik pembedahan yang dilakukan pada zaman dahulu sebelum teknologi operasi saat ini ditemukan. Operasi ini dilakukan untuk mengobati permasalahan cidera kepala. Prosesnya dengan melubangi kepala, umumnya berada pada titik obelion. Prosedur dilakukan kemungkinan besar dengan proses anestesi terlebih dahulu dan untuk tingkat kesembuhan cenderung tinggi.

READ  TERNYATA MASIH ADA HEWAN PRASEJARAH YANG MASIH HIDUP HINGGA SAAT INI

Nah itu tadi  artikel tentang teknik operasi zaman dulu, trepanasi, semoga bermanfaat

One thought on “Teknik Operasi Zaman Dulu, Trepanasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *