TAKDIR PARA DEWA, MITOLOGI NORDIK RAGNAROK !!GAKBIASA.COM

Well Hello Sobat Gakbiasa.com sesuai janji mimin punya artikel tentang Kisah Peperangan Ragnarok nih, yuk langsung aja disimak:

Jika bicara soal kisah mitologi Nordik alias Eropa Utara, maka salah satu potongan kisah yang paling terkenal dari mitologi tersebut adalah Ragnarok. Nama Ragnarok memang populer, bahkan bagi orang-orang yang masih awam seputar mitologi Nordik karena seringnya nama tersebut digunakan dalam karya hiburan modern. Misalnya sebagai judul dari game online yang dulu pernah booming di Indonesia.Jadi, sebenarnya apa itu Ragnarok kalau dalam kisah mitologi aslinya? Ragnarok adalah cerita mengenai perang besar di masa depan yang melibatkan banyak dewa dan monster mitologi Nordik yang mengambil tempat di Padang Vigrid. Banyak sosok penting dalam mitologi Nordik – termasuk para dewa – yang diceritakan tewas dalam Ragnarok. Itulah sebabnya mengapa cerita perang tersebut disebut dengan nama Ragnarok. Karena dalam bahasa Nordik Kuno, nama Ragnarok memang memiliki makna harfah “takdir  para dewa”.

 Sumber sejarah utama mengenai cerita Ragnarok adalah karya sastra kuno berjudul Puisi Edda dan Prosa Edda yang ditulis pada abad ke-13. Berdasarkan penjabaran dari karya-karya sastra tersebut, Ragnarok akan segera terjadi ketika ada 4 pertanda yang muncul di dunia.
Pertanda pertama adalah lahirnya 3 makhluk raksasa maha kuat dari pasangan Loki dan Angrboda : Fenrir, Jormungandr, dan Hel.
Pertanda kedua adalah tewasnya Balder akibat ulah Loki.
Pertanda ketiga adalah munculnya musim dingin panjang yang membuat dunia gelap dan membeku selama 3 tahun.
Dan pertanda terakhir adalah semakin banyaknya peperangan yang melanda dunia manusia. 

Para dewa diceritakan (atau diramalkan, kalau berdasarkan sudut pandang dari tokoh-tokoh mitologinya) akan tewas dalam peristiwa Ragnarok. Untuk mencegah terwujudnya ramalan tersebut, Odin membuang anak-anak Loki yang diramalkan bakal menjadi lawan para dewa saat peristiwa Ragnarok terjadi. Fenrir sang serigala raksasa dirantai ke sebuah batu. Jormungandr sang ular raksasa dibuang ke dalam laut. Sementara Hel dibuang ke dunia Nifheim yang merupakan tempat bersemayamnya arwah orang-orang mati. Walaupun Odin sudah berusaha, ramalan takdir mengenai berakhirnya riwayat para dewa tetap tidak berubah.

Description: https://kerenews.files.wordpress.com/2014/01/0d2c1-loki.jpg?w=474

Ragnarok akhirnya dimulai ketika ayam – ayam jantan di Jotunheim (dunia para raksasa), Nilfheim, dan Asgard (dunia para dewa) berkokok secara serentak. Suara kokokan mereka ibarat panggilan perang bagi penghuni masing-masing dunia. Para penghuni Jotunheim dan Nilfheim (termasuk Hel) berduyun-duyun pergi ke medan perang dengan menaiki kapal raksasa Naglfar yang terbuat dari kuku-kuku orang mati. Raksasa api Surt beserta para penghuni Muspelheim (dunia api) juga tidak ketinggalan dan ikut bertolak ke Padang Vigrid. Selain mereka, anak-anak Loki yang dibuang juga turut serta. Sebuah gempa bumi besar muncul dan membebaskan Fenrir dari belenggungnya. Jormungandr bangkit dari samudera dan gerakannya menimbulkan ombak raksasa. Di pihak yang berseberangan,  Heimdall meniup terompetnya untuk memanggil dewa supaya berkumpul di Padang Vigrid. Para dewa tidak sendirian. Mereka dibantu oleh para manusia kerdil (dwarf), peri, dan arwah prajurit Viking yang menghuni Valhalla. Bersama, mereka siap bertempur mati-matian di atas Padang Vigrid. Pasukan gabungan Jotunheim, Nilfheim, dan Muspelheim yang berada di bawah komando Loki akhirnya tiba di Padang Vigrid. Perang maha dahsyat yang sudah diramalkan sejak jauh-jauh hari akhirnya benar-benar pecah. Di tengah sengitnya peperangan, terjadilah duel antara para dewa dan musuh bebuyutannya. Freyr yang tidak bersenjata tewas dibunuh oleh pedang api Surt. Dewa perang Tyr yang hanya memiliki   sebelah  tangan   berhasil menewaskan anjing neraka Garm, namun Tyr akhirnya tewas akibat terluka terlalu parah. Nasib serupa juga menimpa Thor yang sukses membunuh Jormungandr,tapi tewas tak lama berselang akibat racun dari Jormungandr.

Description: https://kerenews.files.wordpress.com/2014/01/69701-thor.jpg?w=474

Description: https://kerenews.files.wordpress.com/2014/01/2961b-odin2526ferir.jpg?w=474

 Loki terlibat pertarungan sengit dengan Heimdall. Namun karena keduanya sama kuat, mereka berdua sama-sama tewas. Odin terlibat pertarungan panjang dengan Fenrir yang akhirnya berhasil dimenangkan oleh Fenrir. Namun Fenrir pada akhirnya juga harus meregang nyawa setelah Vidar – putra dari Odin – merobek rahang Fenrir demi membalaskan kematian ayahnya. Saat peperangan berlangsung semakin hebat, Surt mengobarkan apinya secara membabi-buta sehingga dunia dilanda kebakaran hebat dan tenggelam ke dasar lautan. Langit berubah menjadi gelap gulita setelah bulan dan matahari dimakan oleh serigala Skoll dan Hati.

Walaupun dunia diceritakan hancur akibat perang, peristiwa Ragnarok bukanlah akhir dari dunia. Dunia kembali muncul ke permukaan laut dalam kondisi indah dan subur. Sebelum perang terjadi, sepasang manusia yang bernama Lif dan Liftraser berhasil melarikan diri ke hutan Hoddmimis yang tak terjangkau oleh api Surt. Saat perang berakhir, mereka beranak-pinak sehingga dunia kembali dipenuhi oleh manusia. Sebagian kecil dewa yang masih hidup seusai perang pergi menuju Idavoll untuk mendirikan pemukiman baru.

Nah itu tadituh Kisah Singkat tentang Peperangan Ragnarok, Semoga bisa menambah Pengetahuan Sobat Gakbiasa.com tentang Kisah-kisah Mitologi yang ada di Dunia yah. Sampai ketemu di Artikel-artikel lainnya.

Baca Juga Siapa Saja yang bertempur di Perang Takdir Para Dewa (RAGNAROK) : https://gakbiasa.com/pertempuran-akhir-dunia-ragnarok-mitologi-nordic-gakbiasa-com/

3 thoughts on “TAKDIR PARA DEWA, MITOLOGI NORDIK RAGNAROK !!GAKBIASA.COM”

  1. Pingback: PERTEMPURAN AKHIR DUNIA, RAGNAROK- MITOLOGI NORDIC, GAKBIASA.COM – Gak Biasa

  2. Kalau baca baca tentang dewa metologi memang gak ada abisnya, seru sekali untuk dibahas. Banyak sekali dewa metologi masih disangkut pautkan dengan hal saat ini apakah itu hal yang wajar ??

    1. mitologi pada dasarnya hanya lah sebuah cerita gan, kalau dikait-kaitkan itu tergantung kita menyikapinya saja. Terima kasih gan, silahkan berkunjung kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *