Seberapa Keras Tempurung Kura-Kura ??

Seberapa keras tempurung kura-kura? Pernah kah diantara kalian bertanya tentang hal ini. Wajar jika kalian bertanya mengingngat kura-kura terkenal akan 2 hal, pertama pergerakannya yang lambat dan yang kedua adalah pertahanannya yang kuat.

                Kedua hal ini bisa dikatakan adalah symbol dari kura-kura itu sendiri. Kalau diebeberapa film animasi yang kita tonton, kura-kura akan digambarkan menjadi seekor hewan yang sangat baik dan bijak. Kenapa demikian ? admin mengira itu ada hubungannya dengan umur kura-kura yang panjang, sehingga semakin tua semakin bijak karna melihat dan memiliki banyak pengalaman.

Umur panjang dari kura-kura sendiri merupakan bukti dan perwujudan dari kuatnya cangkang kura-kura tersebut. umur hewan ini bisa mencapai 200 tahun loh, kura-kura tertua di dunia saat ini bernama jonathan dengan umur mencapai 18 7 tahun.

Nah karna keunikannya kali ini admin tertarik untuk membuat artikel tentang seberapa keras sih tempurung kura-kura ? mari kita bahas :

BACA JUGA : Fakta Gak Biasa Tentang Kecoa yang Harus Diketahui

  • Terbuat dari apa sih tempurungnya ?

Tempurung kura-kura terdiri dari gabungan beberapa tulang penting.  Tulang ini terdiri dari tulang rusuk, tulang belakang hingga tulang bahu kura-kura. Keseluruhan tulang tersebut mencapai 50 tulang yang membenmtuk cangkang yang sangat kuat.

ISI DALAM KURA-KURA

 

BENTUK DALAM TUBUH KURA-KURA (IMAGE SOURCE)

        Tempurung kura-kura tersusun dari keratin dan tulang yang keras yang tadi disebutkan. Untuk sekedar informasi keratin adalah protein yang berperan sebagai penyusun kulit pada manusia, sementara untuk kura-kura berfungsi sebagai lapisan pembentuk tempurung yang keras.

        Tempurung kura-kura merupakan sesuatu yang kompleks, bagaimana tidak, tempurung hewan ini terbagi menjadi 2 bagian, tempurung bagian atas dan tempurung bagian dalam. Tempurung bagian atas disebut dengan karapas, tempurung ini terhubung dengan tulang bridges sedangkan tempurung bagian dalam disebut dengan vental.

        Layaknya manusia yang memiliki tulang rusuk dengan tujuan untuk melindungi jantung dan organ penting sertal vital, kura-kura juga demikian. Tempurung hewan ini digunakan untuk melindungi organ penting dan vital kura-kura. Namun ini hal unik dari kura-kura yang mesti kalian ketahui, tulang mereka ada diluar, ada yang nyadar ? tempurungnya itu tulang loh. Jadi manusia tulangnya ada didalam dan daging diluar sedangkan kura-kura malah sebaliknya.

        Tempurung kura-kura telah ada ketika hewan ini lahir, ini membuktikan bahwa tempurung kura-kura bukan hal lain atau eksternal kura-kura seperti spesies umang-umang. Tempurungnya merupakan bagian dari kura-kura itu sendiri.

  • Seberapa kuat tempurung kura-kura ?

Tempurung spesies ini sangat kuat dan mampu melindungi hewan ini sendiri dari predator yang mencoba memangsanya. Jika hewan pemangsa atau predator adalah tombak maka kura-kura adalah perisai. Tempurungnya merupakan kekuatan dari hewan ini, tempurung menjadi alasan untuk kemampuan survivalitas kura-kura yang tinggi.

        Cangkang atau tempurung kura-kura sangat kuat, bahkan untuk gigitan keras sekalipun. Predator dengan rahang terkuat seperti buaya pun akan sangat kesulitan bahkan untuk sekedar memecahkan tempurung-tempurung hewan ini. Selain kuat, tempurung kura-kura juga licin, perpaduan sempurna agar hewan ini dicap dengan pertahanan super.

tempurung kura-kura

 

tempurung kura-kura (Image Source)

        Layaknya pepatah yang mengatakan tidak ada gading yang tak retak, tempurung kura-kura juga demikian. Hewan predator memiliki berbagai cara untuk melawan hewan ini. Untuk burung misalnya, burung yang memiliki postur tubuh yang cukup besar memiliki kemampuan untuk menerbangkan kura-kura lalu menjatuhkannya kebawah. Untuk hal ini biasanya tempurung kura-kura tidak akan sanggup menahan benturan yang sangat keras dan mengakibatkan tempurungnya pecah.

        Terlepas dari hal itu, kura-kura tetap menjadi perisai yang sangat kuat. Faktanya, kura-kura merupakan salah satu spesies reptil dengan masa hidup yang panjang dan salah satu penyebabnya adalah power of tempurungnya ini .

        Dengan melihat keunikan kura-kura, kita menjadi tau, bahwa setiap mahkluk hidup itu unik. Ada kelebihan da nada kekurangan. Seperti perkataan bijak yang sering kita dengar “Tidak ada kelemahan tanpa diberikan suatu kekuatan”. So teman-teman, hargai lingkungan kita, baik hewan ataupun tumbuhan, mereka semua mahkluk hidup dan mesti kita lestarikan.

        Sekian artikel kali ini, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *