5 Fakta tentang Rubik yang Jarang Kamu Ketahui

  • by
Erno Rubik

Rubik adalah permainan menyusun sebuah kubus dengan ukuran 3×3 dengan 6 warna didalamnya. Permainan ini dikenal sebagia permainan mengasah otak dan identik dengan orang-orang yang jenius.

namun seiring berjalannya waktu rubik mengalamai berbagai perubahan baik dari segi bentuk dan tantangan. Semakin banyak orang yang bermain semakin banyak trik yang dapat digunakan untuk menyusun rubik tersebut.

Kini rubik dapat dimainkan di hampir segala usia, cukup mengikuti rumus yang telah dibuat kalian dapat menyelesaikan rubik.

Selain hal diatas, ada 6 fakta lainnya tentang rubik yang jarang kalian ketahui, apakah itu ?

Baca juga : FAKTA DAN HAL UNIK DARI PERMAINAN ULAR TANGGA, PERMAINAN MASA KECIL YANG MASIH ADA SAMPAI SEKARANG

Nama Rubik diambil dari Nama Penciptanya

Diawali dengan penamaan rubik, rubik merupakan nama dari penciptnya, Erno Rubik pada tahun 1974. Erno Rubik merupakan seorang seniman dan akademisi, Rubick lahir dari perpaduan ke dua hal tersebut

Menurut Erno Rubick, permainan ini diciptakan untuk melatih kesabaran dan ketahanan dalam mennyelesaikan permasalahan, bisa dikatakan untuk kita agar menjadi lebih gigih.

Erno Rubik
Erno Rubik

Bukan Ilmu Sihir

Masih seputar penamaan, Rubik pada awalnya diberi nama Magic Cube, hal ini karna kesannya yang sangat ajaib ketika bisa menyelesaikannya ketika awal-awal kemunculuan.

Namun pada tahun 1980, Rubik dibeli Oleh Ideal Toy Company dan langsung merubah namanya menjadi rubik sehingga menghilangkan kesan mistis yang terdapat pada nama magic cube

Rubik sendiri adalah permainan logika dimana kita diminta untuk menyamakan 6 sisi warna pada rubik, tidak ada hal mistis didalamnya

Mainan Terlaris Didunia

Rubik merupakan mainan paling laris didunia. sebenarnya ini merupakan sebuah fakta umum dimana bahkan di Indonesia rubik juga merupakan permainan populer.

Tercatat bahwa rubik asli buatan Fast Company telah terjual hingga 350 Unit.

Rubik Khusus yang Unik

Rubik telah memiliki berbagai bentuk dan variasi. Tidak lagi berbentuk kubus, sekarang rubik dapat berbentuk ular, bola dan lain-lain.

Rubik terbesar yang tercatat adalah rubik 17×17 dengan waktu penyelesaian hingga 7,5 Jam.

Namun yang paling unik adalah rubik yang diciptakan untuk tunanetra. Caranya yaitu setiap warna diberi bentuk tertentu untuk menandai bahwa setiap warna itu berbeda.

tentu saja ini merupakan sebuah variasi terbaik, hal ini karna mengacu pada perkataan rubik dapat dimainkan oleh semua orang.

Banyak Rekor dan Tantangan

Rubik tidak lagi tentang menyelesaikannya, sekarang rubik adalah tentang kecepatan dan tantangan. Saking banyaknya peminat rubik, mereka menciptakan berbagai tantangan sehingga membuat rubik menjadi menantang

Untuk rekor rubik 3×3 saat ini adalah kurang dari 5 Detik yang diciptakan oleh Feliks Zemdegs pada Event Cube For Cambodia.

Rubik Di Indonesia

Indonesia termasuk negara yang masyarakatnya juga gemar bermain rubik. Di Indonesia sendiri terdapat komunitas rubik seperti NSA (Nusantara Speedcubing Assocation) , JRCC, PRJ dan lain-lain.

Rekor untuk pemain dari indonesia dipegang oleh Stephen Adhisaputra yang diciptakan dengan pada 14 januari 2012 dengan waktu 6,84 Detik

Nah itu tadi 6 fakta mengenai rubik, semoga bermanfaat