PERTEMPURAN AKHIR DUNIA, RAGNAROK- MITOLOGI NORDIC, GAKBIASA.COM

Hallo Sobat Gakbiasa.com, kali ini kita akan membahas tentang PERTEMPURAN AKHIR DUNIA atau RAGNAROK nih yang berasal dari Mitolgi Bangsa Nordic. Ragnarok yang berarti “TAKDIR PARA DEWA” ini nih merupakan Pertempuran antara Æsir , yang dipimpin oleh Odin dan para Iblis ( Raksasa Api dan berbagai Monster yang dipimpin oleh Loki), Iris .Pertempuran terjadi di suatu daerah bernama VIRGID PLAIN Makna dari pertempuran ini tidak hanya pertempuran antara Dewa, Dewi , Raksasa dan Monster, tetapi juga melibatkan seluruh Alam Semesta. Dari pertempuran ini banyak dewa-dewi yang mati termasuk Odin. Cari tau Yuk siapa-siapa saja yang Ikut Bertempur di Peperangan Terakhir sebagai Takdir Para Dewa ini, Let’s Go!!! :

*** RAS YANG IKUT BERPERANG DALAM RAGNAROK***

  1. Æsir
    Dalam Mitologi Nordic , Æsir (bentuk tunggal: Ás, wanita: Ásynja, wanita-jamak: Ásynjur, Anglo-Saxon Ós, dari bahasa Proto-Jerman Ansuz) adalah Dewa-Dewi pokok dan utama di antara ras Dewa-Dewi dalam Phanteon, mitologi Nordik. Dewa-Dewi utama tersebut seperti: Oding , Frigg, Bald,Thor , dan Tyr. Mereka adalah Dewa-Dewi yang sering muncul dalam Mitologi Norwegia.

2. ODIN
Dalam Mitologi Nordik, Odin adalah pemimpin para Dewa. Namanya konon berasal dari kata “óðr” (baca: Odhr), yang berarti “Perangsang”, “Kemarahan”, dan “Puisi”. Sebagai pemimpin para Dewa, ia memiliki banyak peran: Dewa kebijaksanaan, Dewa perang, Dewa pertempuran, dan Dewa kematian.

3. FRIGG
Dalam Mitologi Nordik , Frigg atau Frigga adalah istri Dewa Odin . Ia bergelar: Ratu para Æsir , pemimpin para Dewi, Dewi kasih sayang, Dewi kesuburan, Dewi rumah tangga, Dewi perkawinan, dan Dewi langit. Dia punya kemampuan meramal namun ia tidak menceritakan apa yang ia ketahui. Anak-anaknya bernama: Balder, Hodhr, dan Wecta. Anak-anak tirinya bernama: Hermodhr, Heimdall, Tyr, Vidar, Vali, Skjoldr. Thor adalah saudaranya sekaligus anak tirinya. 
Nama Frigg berarti “Cinta” atau “Yang Tersayang” (Bahasa Proto-Jerman: frijjō; atau dalam Bahasa Sansekerta : priyā; “Yang Tersayang”).
Balairung Frigg di Ásgard bernama Fensalir yang berarti “Balairung Rawa”. Mungkin tempat berawa-rawa terkesan sakral untuknya namun tidak diketahui batasan yang jelas. Saga, Dewi yang diceritakan minum bersama Odin dengan cangkir emas di balairungnya, “Bangku Cekung”, mungkin adalah Frigg dengan nama lain.

4. FREYJA / FREYA
Freyja (kadangkala disebut Freya atau Freja) adalah adik Freyr, puteri dari Njord, yang sering disebut sebagai Dewi kesuburan dalam Mitologi Nordik. Ia memiliki wajah yang jelita dan bahkan pernah dinobatkan sebagai dewi tercantik diseluruh valhalla. Semua makhluk hidup yang ada di dunia mengagguminya dan banyak yang ingin mendapatkan cintanya.

5. THOR
Dalam Mitologi Nordik, Thor (bahasa Norwegia kuno: Þórr; bahasa Inggris kuno: Þunor) adalah “Si janggut berambut merah” yang bergelar sebagai Dewa Petir. Thor adalah putera Dewa Odin dan raksasa Jord. Selama Ragnarök, Thor dan Jörmungandr akan saling membunuh satu sama lain.
Menurut kisah yang tertulis di Edda, saat Loki sedang terbang, ia tertangkap oleh Geirrod. Geirrod yang membenci Thor menyuruh Loki agar mengajak Thor mengunjungi kastilnya karena ia ingin membunuh Thor di sana. Loki setuju dengan rencana tersebut dan Thor tidak tahu bahwa ia diajak masuk perangkap Loki. Ketika mereka memasuki kastil Geirrod, Grid (seorang Jotun wanita) tidak mengizinkan masuk. Ia menunggu sampai Loki meninggalkan mereka berdua. Setelah Loki pergi, Grid menceritakan apa yang sebenarnya terjadi lalu ia memberikan sarung tangan baja, tongkat dan sabuk ajaib. Setelah itu, Thor membunuh Geirrod dan semua Jotun yang ditemuinya, kecuali Gjálp dan Greip, dua puteri Geirrod.

6. LOKI
Loki/ Loke (Loki Laufeyjarson) adalah seorang dewa, keturunan Jotun yang suka mangacau dan memberi tipu muslihat, putera raksasa Fárbauti dan Laufey, dan saudara angkat Odin. Ia dijuluki sebagai “Si pencari masalah”. Ia dengan leluasa berbaur dengan para Dewa, sebelum diangkat menjadi saudara Odin. Menurut mitologi, Loki bukan seorang Dewa. Dia tidak dianggap termasuk golongan Æsir ataupun golongan Vanir, karena ia berasal dari golongan Jotun. Namun karena dia memiliki kedekatan dengan Odin, maka dia dianggap golongan Æsir.
Loki adalah Dewa cerdik yang memperdaya Hodhr, saudara Balder yang buta untuk membunuh Balder.

7. TYR
Tyr (bahasa Norwegia kuno: Týr) adalah Dewa pertempuran dan kemenangan yang berlengan satu dalam Mitologi Nordik. Dalam Edda Islandia, dia merupakan putera Odin dan Hymir. Ia mengorbankan tangannya kepada serigala yang bernama Fenris sehingga ia hanya memiliki satu tangan

8. Iðunn
Iðunn (Idh-dunn; baca: Idun) adalah Dewi kemudaan, kesuburan, dan kematian dalam Mitologi Nordik. Dia memiliki apel yang dapat membuat para Æsir menjadi abadi dan awet muda. Dia istri dari Bragi, Dewa syair.

9. BALDER
Balder (bahasa Norwegia kundo: Baldr, bahasa Islandia dan Faroe: Baldur, bahasa Norwegia modern, Swedia, Denmark adalah Baldr) adalah Dewa kedamaian, keindahan, kegembiraan, dan kesucian dalam Mitologi Nordik. Dia adalah putera kedua Odin. Istrinya Nanna dan putranya bernama Forseti. Balder memiliki kapal terbesar yang pernah dibuat, bernama Hringhorni, dan sebuah balairung yang bernama Breidablik.
Ia mati karena ulah Loki yang memperdaya Hodhr.

10. VANIR
Vanir adalah salah satu kelompok Dewa-Dewi dalam mitologi Nordik. Mereka memiliki hubungan dengan Æsir, meskipun mereka dikelompokkan berbeda. Kaum Æsir cenderung sebagai penguasa peraturan, ahli perang, dan lebih berkuasa, dibandingkan Vanir, kaum Dewa-Dewi yang mengatur kesuburan dan fenomena alam.
Ayah kaum Vanir dan Dewa-Dewi laut adalah Njord. Kaum Vanir berada di bawah kaum Æsir. Dewa-Dewi yang termasuk kaum Vanir seperti: Freyr, Dewa kesuburan, dan Freyja, Dewi kasih sayang dan seksualitas, yang tinggal di antara kaum Æsir di Yggdrasil.

11. JOTUN
Dalam mitologi Nordik, Jotun adalah raksasa, ras manusia perkasa dan memiliki ukuran tubuh yang besar dan kekuatan menakjubkan. Mereka bertikai dan bermusuhan dengan para Dewa, meskipun di antara mereka ada yang menikahi para Dewa. Benteng terkuat mereka bernama Utgard, terletak di suatu tempat yang disebut Jötunheimr, dunia para Jotun, salah satu di antara sembilan dunia dalam kosmologi Norwegia. Dunia para raksasa, Jotunheimr, terpisah dengan dunia manusia, Midgard dan dibatasi oleh pegunungan tinggi dan hutan belantara. Jotun yang tidak tinggal di Jötunheimr biasanya tinggal di gua-gua dan di tempat-tempat yang gelap.
Dalam bahasa Norwegia kuno, mereka disebut ‘’’Jötnar’’’ (tunggal: Jötunn), atau ‘’’Risar’’’ (tunggal: Risi), kadangkala disebut ‘’’Bergrisar’’’, atau ‘’’Þhursar’’’ (baca: Thursar; tunggal: þhurs). Kaum raksasa berjenis kelamin wanita disebut Gýgr.

12. KURCACI
Dalam mitologi, penggambaran diri kurcaci adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.
Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat srigala ganas, Fenris.

13. VALKRYE
Valkyrie adalah dewi dalam mitologi Nordik. Dilambangkan dalam kitab lama bahwa Valkyrie adalah manusia bersayap yang membawa tongkat. Valkyrie dianggap dewa karena bijak dan biasanya membantu para prajurit Nordik dalam peperangan. Mereka bertugas memanggil jiwa-jiwa orang-orang meninggal yang terpilih untuk dibawa ke Valhalla untuk dijadikan Einherjar yang nantinya akan membantu para dewa saat Ragnarok tiba.

14. NORN
Dalam mitologi Nordik, Norn merupakan kumpulan dari tiga dewi yang menguasai takdir. Dewi-dewi itu adalah Urd, Verdandy, dan Skuld.
Urd adalah pemegang takdir masa lalu, Verdandy adalah pemegang takdir masa kini/sekarang, dan Skuld adalah pemegang takdir masa depan.

*** LOKASI-LOKASI PERTEMPURAN RAGNAROK**

  1. ASGARD
    Dalam mitologi Nordik, Asgard (bahasa Norwegia kuno: Asgarðr) adalah kerajaan para Dewa yang terpisah dari dunia para manusia, Midgard. Tembok besar yang mengelilingi Asgard dibuat oleh raksasa.
    Dataran Idavoll merupakan pusat dari Ásgard. Para Æsir berkumpul di sana untuk membicarakan hal yang penting. Para Dewa berkumpul di balairung yang disebut Gladsheim, dan para Dewi bertemu di balairung yang disebut Vingolf. Mereka juga berkumpul sehari-hari di “Mata air Urd” di bawah Yggdrasil.

2. Jötunheimr
Dalam mitologi Nordik, Jötunheimr (dialihbahasakan: Jotunheim) adalah dunia para raksasa (ada dua jenis raksasa: batu dan es; disebut Jotun). Dari sana mereka mengancam kehidupan manusia di Midgard dan Æsir di Asgard (mereka dipisahkan oleh sebuah sungai yang bernama Iving).
Gastropnir, rumah Menglad, dan Þrymheimr, rumah Þjazi, keduanya berlokasi di Jotunheim, yang diperintah oleh raja Thrym. Glæsisvellir berlokasi di Jotunheim, dimana raksasa Gudmund tinggal, ayah Höfund.

3. YGGDRASIL
Dalam mitologi Nordik, Yggdrasil (bahasa Norwegia Kuno: Yggdrasill; lafal: ˈygˌdrasil) adalah pohon kehidupan, pohon raksasa yang sangat besar dan keramat yang menghubungkan sembilan dunia dalam kosmologi Nordik. Kadangkala disebut Mímameiðr atau Lérað. Pada cabangnya terletak Ásgard, Vanaheim, dan Álfheim. Pada batangnya terletak dunia manusia yang bernama Midgard, yang mana Jötunheim (dunia para raksasa) juga berada di sekitarnya, dan di bawahnya terletak Nidhavellir yang juga disebut Svartálfheim. Ketiga akarnya menembus tiga dunia yang bernama Hel, Niflheim, dan Muspelheim, meskipun hanya dunia pertama yang memperoleh mata air Yggdrasil.
Yggdrasil muncul dalam mitologi Ragnarök. Dalam mitologi tersebut, hanya dua manusia yang berhasil menyelamatkan diri dari Ragnarök, bernama Lif dan Lifthrasir, yang berlindung pada cabang Yggdrasil. Dimana mereka hidup dari embun dan dilindungi oleh pohon tersebut.

Nah itu tadi tuh Sobat Gakbiasa.com Artikel yang membahas tentang Siapa saja yang ikut berperang di peperangan RAGNAROK. untuk Kisah Ragnaroknya di Tunggu ya Sobat. See yaaaa

Baca Juga Kisah Peperangan yang terjadi di Ragnarok : https://gakbiasa.com/takdir-para-dewa-mitologi-nordik-ragnarok-gakbiasa-com/

1 thought on “PERTEMPURAN AKHIR DUNIA, RAGNAROK- MITOLOGI NORDIC, GAKBIASA.COM”

  1. Pingback: TAKDIR PARA DEWA, MITOLOGI NORDIK RAGNAROK !!GAKBIASA.COM – Gak Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *