Perang Unik Yang Tercatat Dalam Sejarah

Perang adalah kondisi dimana 2 pihak saling bertikai untuk memperebutkan sesuatu. Di zaman sekarang ini, perang sudah jarang terjadi,walaupun itu perang antar suku. Hal ini karna pola pikir modern sudah mulai berkembang dimana peperangan akan dianggap sebagai pilhian terakhir dalam mengambil keputusan. Perang mungkin sering terjadi di beberapa daerah pedalaman dimana pola pikir masih primitive.

Perang yang terkenal didunia disebut dengan world war, sampai sekarang telah terjadi world war hingga 2 kali, atau kalau orang kita sebut dengan peperangan dunia ke dua. Perang dunia ke dua memiliki dampak yang sangat luas, Indonesia termasuk yang terkena dampaknya. Jika kalian ingat runtuhnya sekutu menyebabkan jepang terdesak sehingga menimbulkan kesempatan untuk Indonesia.

Perang biasanya dilaksanakan karna sebab-sebab penting yang tidak bisa dihindarkan, misalnya masalah kedaulatan ataupun hal penting seperti itu. Namun ada loh Negara yang berperang hanya karna babi. Aneh bukan ? namun ini benar terjadi. Kalau kalian penasaran silahkan baca artikel ini :

BACA JUGA : PENEMUAN MESIN CANGGIH BAHKAN ROBOT RAKSASA YANG TERNYATA SUDAH ADA SEJAK ZAMAN DULU! – GAKBIASA.COM

PERANG BABI

Perang unik ini terjadi di Pulau San Juan, pulau ini merupakan wilayah sengketa dimana britania raya dan amerika sama-sama mengklaim bahwa ini wilayahnya. Kejadian ini terjadi sekitar abad ke 19 atau tepatnya pada tahun 1859, Kedua Negara sama-sama bersikeras dan membuat suasana di san juan menjadi tidak kondusif dan terkesan tegang, ini dibuktikan ada peternakan babi penduduk inggris disana, sedangkan penduduk amerika yang tinggal disana menanam ubi.

map san juan
map san juan (image source)

PENYEBAB PIG WAR

Hal ini berawal dari 2 orang yang berasal dari kedua belah pihak, seekor babi dari peternakan inggris yang bernama Hudson’s Bay Company keluar dari kandangnya dan memakan ubi dari perkebunan masyarakat amerika yang tinggal disana. Lymas Cutlar adalah nama dari orang yang memiliki perkebunan ubi tersebut. tentu sebagai pemiliki perkebunan tersebut tidak ingin tumbuhannya dimakan oleh binatang ternak lain, hal itu akan membuatnya merugi. Lymas Cutlar memutuskan untuk menembak mati Babi tersebut.

Kejadian ini tanpa disengaja malah memicu bom waktu yang selama ini terjadi, persetegangan memanas. Pihak inggris dalam hal ini Hudson’s Bay Company tidak terima akan yang dilakukan oleh Cutlar dan meminta ganti rugi. Dikutip dari liputan6, ternyata cutlar telah memperlihatkan iktikad baiknya dengan berinisiatif mengganti rugi sebesar $10. Namun ternyata Hudson’s Bay Company tidak terima dan malah meminta tebusan sebesar $100 yang jelas-jelas akan ditolak oleh Cutlar

Karna tuntutannya ditolak, Hudson’s Bay Company mengadukan hal ini dan membuat pihak inggris menjadikan cutlar sebagai buronan untuk ditangkap. Melihat kondisinya yang terdesak, cutlar meminta bantuan dari pihak militer amerika yang tentu saja akan melindungi warga negaranya. Militer amerika bertindak cepat dengan meletakkan 66 tentara amerika di san juan. Melihat tindakan dari amerika, inggris memahaminya berbeda, inggris mengasumsikan bahwa pihak amerika berusaha mengambil san juan, inggris pun meletakkan lima kapal perang di san juan.

Sebenarnya kedua belah pihak terdapat tokoh-tokoh yang mengharapkan insiden ini tidak berlarut dan merugikan kedua belah pihak mengingat kejadiannya hanya perkara sepele. Kejadian memamerkan alutista dan persenjataan terus terjadi di san juan hingga terdapat 461 pasukan AS dengan 14 meriam melawan 5 kapal perang inggris 167 meriam dan 2000 tentara.

BACA JUGA :Teknik Operasi Zaman Dulu, Trepanasi

Untungnya ketegangan ini cepat menurun karna insiden ini diketahui oleh pihak Washington dan meminta salah satu jendralnya untuk bernegosiasi dengan pihak inggris yang dari awal memang menghindari terjadinya peperangan.

ilustrasi perang babi
ilustrasi perang babi (image source)

KORBAN PEPERANGAN

Setelah beradu tensi di san juan, kedua belah pihak untungnya tidak memakan korban. Hal ini karna peperangan itu tidak jadi terjadi dan satu-satunya korban adalah babi si penyebab hal ini semua.

KESIMPULAN

Perang babi adalah perang unik yang terjadi di san juan sekitar abad 19. Insiden ini terjadi karna adanya penembakan babi yang dimiliki oleh peternakan inggris dimana babi itu memakan salah satu tenaman hasil perkebunan amerika. Terjadi penembakan babi tersebut yang dilakukan oleh pemilik perkebunan tersebut. hal ini membuat tensi tinggi antara kedua belah pihak yang mengakibatkan diletakkan sejumlah peralatan perang di san juan. Untungnya perang ini tidak terjadi dan yang menjadi korban hanyalah babi tersebut.

Nah itu tadi pembahasan mengenai perang yang disebabkan oleh hal unik yang terjadi, sekian, terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *