Ngilu ketika dengar styrofoam digesek ? ini alasannya

Hallo gakbiasa lover, kali ini admin kembali membahas mengenai sesuatu yang gak biasa dan related sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Diantara kalian pernah ngga risih dengar suara ketiak Styrofoam digesek atau kayak kuku ngegesek papan tulis atau atau gesek benda tajam ke kaca ? kalau ada berarti sama dengan admin.

Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa sih ini terjadi ? ada apa dengan gesekan tersebut sehingga membuat kalian merasa merinding dan kadang ngilu sendiri. Nah untuk membahas secara lengkap admin kali ini akan buat artikel tentang hal tersebut, mari simak :

BACA JUGA : TUBUH TIBA-TIBA MERINDING, APAKAH ADA HANTU DISEKITAR KITA?!?

  • Kemampuan Pendengaran Manusia

Pertama-tama admin akan jelaskan tentang kemampuan pendengaran manusia. Manusia mampu mendengar suara atau bunyi mulai dari 20 Hz sampai dengan 20.000 hz. jadi setiap suara yang berada pada range yang telah disebutkan bisa didengar manusia. Namun hanya bisa didengar loh ya, bukan normalnya.

ngilu ketika papan tulis digesek kuku
ngilu ketika papan tulis digesek kuku (image source)

Untuk keadaan normal seperti kita berbicara dengan sesama, frekuensi nya sekitar 500-2000 hz. Dengan berada di frekuensi tersebut telinga kita akan mendengar suara dengan nyaman dan jelas sehingga informasi dapat diterima dengan baik.

  • Penyebab Ngilu atau Merinding ketika styrofoam digesek

Seperti yang admin jelaskan sebelumnya, manusia dapat mendengar dengan baik dan jelas ketika berbicara normal dengan rentang 500-2000 hz. Lantas apa yang terjadi jika diatas hal tersebut ? suara menjadi tidak nyaman didengar oleh manusia yang mengakibatkan tubuh merespon dengan tidak baik.

Suara dengan frekuensi tinggi adalah suara yang berbahaya bagi telinga manusia, walaupun telinga kita mampu mendengar suara hingga 20.000 hz, namun semakin tinggi suara frekuensi tersebut semakin menyakitkan bagi manusia.Suara Frekuensi tinggi ini dapat mengakibatkan ketulian sementara atau telinga seperti mendengung.

Untuk kasus kenapa ketika kita mendegar kuku di papan tulis atau ketiak styrofoam digesek membuat kita merinding, ternyata suara tersebut berada di frekuensi 2000-5000 hz. Suara ini diatas dari suara normal yang nyaman dan baik untuk didengar oleh telinga kita.

Respon yang diberikan oleh suara gesekan tersebut biasanya berupa perasaan tidak nyaman, ngilu bahkan merinding. Ternyata otak kita memang sengaja memberikan sinyal tanda bahaya atau was-was ketika mendengar frekuensi tersebut. suara dengan frekuensi 2000-5000 hz ini ternyata sama dengan suara teriakan orang dewasa. Pernahkah kalian menonton film horror terus merinding ketika mendengar teriakan keras ? nah itu berarti otak kalian mengirim sinyal ke tubuh kalian bahwa suara nya tidak nyaman loh, takut nih, kurang lebih seperti itulah yang dikirimkan oleh otak kita.

ngilu ketika styrofoam digesek
ngilu ketika styrofoam digesek (image source)
  • Penelitian Mengenai Hal Ini

Ternyata bukan kita saja yang penasaran loh, sebelum kita bertanya tentang hal ini, ternyata telah lebih dulu ada orang yang bertanya dan bahkan langsung meriset kenapa ini bisa terjadi. Dilansir dari liputan6, terdapat 2 orang yang meneliti hal ini. Michael Oehler, seorang Musikolog dari Macromedia University Of Media and Communication,Jerman serta temannya Christoph Reuter, Musikolog dari University of Vienna, Austria. Mereka melakukan penelitian mengapa hal ini bisa terjadi dan mecoba mencari tau alasan dibalik itu semua.

Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan beberapa relawan untuk melakukan serangkaian uji coba terhadap gesekan streofom dan gesekan garpu di piring. Sebagian dari para peserta diberi tahu bahwa suara tersebut merupakan suara dari gesekan dan sebagian lagi diberi tahu bahwa suara tersebut merupakan komposisi musik. Mereka memantau para peserta baik itu detak jantung, tekanan darah serta konduktivitas kulit

Hasil penelitian menjelaskan bahwa memang suara dengan frekuensi 2000-4000 hz menganggu pendengaran. hal ini karna mereka melihat ketika suara dengan frekuensi tersebut didengarkan terjadi reaksi yang dialami tubuh. Salah satu reaksinya adalah terjadinya perubahan konduktivitas kulit. Untuk sekedar informasi konduktivitas kulit adalah kemampuan tubuh yang memunculkan efek listrik (merinding sih kalau kita bilang).

Nah itu tadi alasan kenapa suara ketika styrofoam digesek membuat kita ngilu dan merinding, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *