Benarkah Menunjuk Pelangi Membuat Jari Bengkok ?

Menunjuk Pelangi

Hallo semua kali ini kita akan bahas mitos mengenai menunjuk pelangi dapat membuat jari kita bengkok . Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang biasa terjadi setelah hujan. Kenapa ? karna warna pelangi pada dasarnya hanyalah cahaya matahari yang terbiaskan. Jadi kalau ditanya kenapa pelangi memiliki banyak warna udah tau ya jawabannya.

Pelangi biasanya identik dengan keindahan. Banyak orang yang terinspirasi dari sebuah pelangi, baik itu lagu, syair atau puisi. Pelangi bagi anak-anak pun menjadi sesuatu yang menarik, tak jarang ketika mereka melihat pelangi, mereka pasti akan berseru kegirangan melihat fenomena alam tersebut.

Banyak hal menarik tentang pelangi salah satu nya pernah dibahas sebelumnya tentang Ada apa di ujung pelangi, serta alasan kenapa pelangi itu terlihat setengah lingkaran. Nah kali ini kita akan bahas tentang mitos mengenai fenomena alam pelangi yang selama ini berada di tengah masyarakat kita. Apa itu ? Menunjuk Pelangi.

ilustrasi menunjuk pelangi
ilustrasi menunjuk pelangi (Image Source)

Seperti yang admin katakana sebelumnya, anak-anak akan sangat kegirangan melihat adanya pelangi, tak sadar mereka akan langsung menunjuk pelangi tersebut dengan jarinya. Lantas para orang tua biasanya akan berkata “Jangan tunjuk pelangi, nanti jarinya bengkok”. Lantas apakah pernyataan ini benar, mari kita periksa :

BENARKAH MEMBUAT JARI BENGKOK ?

Jika ditinjau secara logis dan ilmiah, tidak ada alasan kenapa ketika kita menunjuk pelangi maka jari kita akan bengkok, putus atau apapun itu. Mungkin kalian semua pasti sadar dengan hal itu namun melakukannya karna permasalah adat, kebiasaan ataupun masih ada rasa percaya dan tidak percaya mengenai hal tersebut. Tidak ada yang salah dengan hal itu, silahkan mengikuti apa yang kita percayai selagi itu tidak merugikan kita.

ASAL CERITA

Berdasarkan beberapa pengalaman admin membahas mengenai bahas mitos yang populer di Indonesia, rata-rata mitos ini berhubungan dengan cerita yang disampaikan dari mulut ke mulut. Banyak hal yang menyebabkan bagaimana mitos ini berasal seperti eratnya hubungan antara masyarakat dulu dengan kepercayaan-kepercayaan seperti itu dan lagi informasi dan pengetahuan tentang sesuatu belum selancar dan segampang ini. Zaman dulu informasi hanya disebarkan melalui mulut ke mulut sedangkan zaman sekarang sudah menggunakan internet.

Tak heran masyarakat kini lebih sedikit berpikir logis dibanding dulu karna dibekali dan dipersiapkan dengan ilmu yang mudah diakses. selain itu keberagaman di Indonesia juga menjadi faktor penting bagaimana banyak mitos lahir, setiap suku memiliki tradisi dan kepercayaannya masing-masing. Hal ini terus disebarkan di setiap generasi, bahkan sampai sekarang. Jika kalian melihat adat menikah orang jawa ada membelah kelapa ? nah itu juga termasuk salah satu cerita populer yang ada di Indonesia.

ilustrasi menunjuk pelangi
ilustrasi menunjuk pelangi

Namun jika dilihat dari sejarah dari waktu ke waktu, memang Indonesia kaya akan cerita seperti itu, bahkan hal itu telah ada sejak zaman kerajaan masih berkuasa di Indonesia. Ingat cerita tentang candi prambanan  atau gunung tangkuban perahu, semua itu merupakan cerita legenda yang ada di Indonesia. Ini menandakan apa ? ini menandakan bahwa memang mitos-mitos tersebut sangat kental di Indonesia karna memang kita kaya akan budaya.

KESIMPULAN

Kesimpulan yang admin dapatkan, jika dilihat dari sisi logika dan ilmiahnya maka jelas jari bengkok akibat dari menunjuk pelangi termasuk kedalam mitos dan cerita legenda saja. Tidak ada korelasi antara jari bengkok dengan menunjuk pelangi. Namun jika dilihat dari aspek adat, kebiasaan serta kepercayaan bisa jadi memang pada awalnya cerita ini dibuat berdasarkan kisah nyata. Lantas kenapa pelangi ? mungkin pelangi dianggap sebagai suatu symbol bagi suatu suku sehingga menunjuknya melambangkan sikap ketidaksopanan kita dengan hal tersebut.

Nah kalian semua bebas percaya atau tidak, toh juga tidak ada ruginya kan. Sekian informasi dari admin, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *