Mengapa Kita Butuh Tidur ? Fungsi, Waktu dan Kualitas Tidur

Sederhana namun sulit untuk dijawab, mengapa kita butuh tidur ? . Sekedar informasi, tidak ada alasan pasti hingga sekarang yang menjelaskan kenapa tubuh kita butuh tidur.

Sulit bukan berarti tidak bisa dijawab. Terdapat beberapa penjelasan mengenai apa saja dampak yang dirasakan ketika kurang tidur dan sebaliknya.

Manusia menghabiskan 1/3 waktu hidupnya untuk tidur. Perhitungannya berasal dari waktu “ideal” tidur orang dewasa 8 jam dari 24 jam yang tersedia.

Pendapat umum yang sering didengar adalah tidur merupakan waktu untuk istirahat bagi tubuh. Hal ini benar adanya dan terdapat beberapa penelitian yang membenarkan hal tersebut. Berikut beberapa perincian mengapa kita butuh tidur ?

Mengapa Kita Butuh Tidur ?
Mengapa Kita Butuh Tidur ?

Fungsi Tidur

Mengapa kita butuh tidur ? jawabannya adalah karna terdapat manfaat didalamnya. Tidur berdasarkan KBBI adalah dalam keadaan berhenti badan dan kesadarannya. Dalam keadaan ini tubuh mulai melakukan perbaikan dan penguatan.

Mekanismenya adalah ketika tidur, tubuh manusia akan menghasilkan hormon. Hormon yang aktif ketika tidur salah satunya adalah hormon pertumbuhan.

Waktu pertumbuhan terjadi

Kapan waktu pertumbuhan paling cepat terjadi ? waktu pertumbuhan paling cepat terjadi ketika manusia tertidur. HGH atau Growth Hormon merupakan hormon yang mempengaruhi tinggi badan, stamina dan hal yang berkaitan.

Hal ini lah yang menjadi alasan kenapa anak-anak atau remaja yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan tidur yang cukup. Tidur yang cukup membantu tubuhnya untuk dapat berkembang dengan normal dan optimal.

Menghilangkan Racun

Kenapa setiap pagi kita merasa ingin buang air besar ? pertanyaan seperti ini tentu banyak ditanyakan. Hal ini terjadi karna ketika tidur, tubuh manusia melakukan detoksifikasi.

Detoksifikasi adalah proses untuk mengurangi atau menghilangkan racun dalam kasus ini tubuh manusia. proses ini dimulai dari pembuangan racun pada getah bening, hati, empedu, paru-paru dan akan dikumpulkan usus besar. Hasil dari proses ini menyebabkan kita merasa ingin buang air di pagi hari.

Tidur Menguatkan Ingatan

Kapan waktu paling tepat untuk belajar ? jawabannya adalah sebelum tidur dan sesudah tidur. Hal ini mengacu pada fungsi utama dari tidur adalah konsolidasi ingatan.

Ketika dalam keadaan tersadar, otak manusia menerima banyak informasi. Informasi tersebut masih berada di Memori jangka pendek dan akan di pindahkan ke memori jangka panjang ketika tertidur.Ini lah yang menjadi alasan kenapa kita harus belajar pada malam hari.

Belajar sesudah tidur juga merupakan hal yang paling tepat untuk belajar, kenapa ? hal ini karna konsentrasi berada pada level tertinggi dan belum terganggu oleh apapun. Ibarat Gelas yang airnya dikurangi, kita dapat menerima informasi lebih banyak lagi.

Plastisitas

Plastisitas merupakan teori yang ditemukan oleh seorang ahli safar di New York University, Michael Halassa. Belia mengatakan bahwa terdapat teori dimana tidur adalah kunci bagi seluruh kemampuan bagi otak untuk mengatur kembali dirinya sendiri.

Waktu Tidur

Mengapa kita harus tidur 8 jam ? kenapa kita tidur harus cukup ? . pertanyaan seperti ini memiliki jawaban yang sama yaitu memberi waktu pada tubuh untuk melakukan perbaikan dan penguatan.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika tertidur otak melakukan konsolidasi ingatan. semakin banyak informasi maka seharusnya semakin lama pula tidur.

Pernahkah kalian bertanya kenapa manusia dewasa harus tidur minimal 8 jam dalam sehari sedangkan anak kecil butuh 9-11 Jam. Hal ini karna anak-anak sedang menerima banyak informasi baru. Anak-anak mempelajari keterampilan bahasa, sosial dan motorik dengan kecepatan luar biasa selama masa pertumbuhan.

Dengan memberikan waktu tidur yang cukup berarti memberikan waktu bagi tubuh kita untuk melakukan pemulihan. aktifitas berat yang dilakukan, tingkat stress akibat pekerjaan dan hal lainnya akan berkurang efeknya ketika kita tertidur.

Apakah kita wajib tidur 8 jam ? jawabannya tidak. Angka 8 jam sebenarnya hanyalah angka rata-rata. Tidak semua orang membutuhkan waktu 8 jam untuk beristirahat. Ada yang perlu 7 jam atau bahkan 9 jam.

Lantas apa patokannya untuk waktu tidur yang cukup ? jawabannya adalah keadaan ketika terjaga. Jika merasa segar, mood bagus dan berenergi maka waktu tidur sudah cukup. Namun jika terjaga dalam kondisi lelah, ngantuk ketika beraktifitas dan mood swing secara cepat maka dibutuhkan waktu tidur yang lebih dari pada sebelumnya.

Kualitas Tidur

Selain waktu tidur yang cukup, kualitas tidur juga mempengaruhi kesegaran ketika terjaga. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tidur menjadi tidak optimal. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas tidur.

  1. Penggunaan Gadget. Gadget memiliki sinar radiasi yang mempengaruhi otak dan mata menjadi sulit untuk tidur
  2. Lingkungan tidak nyaman. Lingkungan yang tidak nyaman mempengaruhi kualitas tidur. Tempat yang penuh kebisingan atau cahaya yang terlalu silau membuat tidur menjadi kurang optimal
  3. Kekenyangan. Makan berlebihan akan menyebabkan mata mengantuk namun ketika bangun maka badan akan menjadi lemas