MAKANAN-MAKANAN YANG BERBAHAYA TAPI MASIH TETAP DIKONSUMSI, INI PENJELASANNYA!!

Hallo para pembaca yang GakBiasa, disaat kalian diberikan pilihan untuk memakan sesuatu, lantas apa yang akan kalian pilih?. Banyak dari kalian admin yakin memilih makanan yang enak dan mengenyangkan, tetapi ternyata ada sebagian kecil orang yang memilih untuk membahayakan hidupnya memakan makanan yang berbahaya bagi dirinya. Kali ini admin akan menjelaskan beberapa makanan yang berbahaya tersebut, dan alasan kenapa mereka masih mau mengkonsumsinya, yuk mari baca!


  • Ackee

Source Gambar

Ackee adalah buah yang berasal dari Afrika, lebih tepatnya Afrika Barat. Pohon ackee dapat tumbuh setinggi 12 meter, dengan warna buah kuning saat muda dan merah terang saat matang. Saat matang buah ackee akan merengkah dan akan terlihat 3 biji bewarna hitam dan daging buahnya yang berwarna kuning. Buah ini menjadi sangat beracun jika dimakan mentah, efek yang ditimbulkan yaitu gejala pusing, mual dan muntah-muntah. Jika tidak diobati maka akan mengakibatkan kejang-kejang dan koma.


  • Ikan Buntal (Pufferfish)

Source Gambar

Jika kalian pernah menonton kartun Spongebob Squarepants, admin rasa kalian sudah tidak asing lagi sebutan “nyonya puff“. Ternyata ikan ini sangat berbahaya dikonsumsi, dikarenakan racun yang ada pada ikan ini sangat mematikan. Efek dari racunnya dapat mengakibatkan sesak nafas dan kelumpuhan syaraf, jika tidak diobati secara cepat akan mengakibatkan kematian bagi orang yang mengkonsumsinya. Namun ada beberapa koki yang sangat ahli dan berpengalaman yang mengerti bagaimana cara mengolah ikan ini agar aman dikonsumsi, sehingga kita tidak perlu khawatir lagi saat memakannya.


  • Sannakji

Source Gambar

Sannakji merupakan makanan khas yang berasal dari Korea. Sannakji merupakan hidangan gurita kecil hidup yang dipotong-potong kecil kemudian disajikan dengan minyak wijen dan kecap asin. Sekilas tidak ada yang berbahaya dari makanan ini, hanya saja tentakel-tentakel gurita ini masih bergerak terus bergerak sehingga saat dimakan mengakibatkan tersedak karena tidak dikunyah dengan benar. Ada beberapa kasus orang meninggal akibat tersedak saat memakan sannakji, tetapi makanan ini tetap diburu dan menjadi santapan favorit di Korea sana.


  • Casu Marzu

Source Gambar

Casu Marzu merupakan keju yang berasal dari daerah Sardinia, Italia. Saat dibelah kalian akan melihat belatung-belatung hidup yang ada di dalamnya, belatung ini digunakan untuk memfermentasikan keju tersebut sehingga tekstur keju menjadi lembut dan creamy, tetapi menghasilkan aroma yang busuk. Yang membuat keju ini berbahaya dikarenakan belatung-belatung yang ada harus dikunyah hingga hancur, jika tidak maka belatung tadi akan metetap di usus dan merusak dinding-dinding usus. Efek setelahnya mengakibatkan muntah-muntah, sakit perut dan diare, untuk penjelasan lebih detailnya admin pernah membahasnya di sini.


  • Echizen Kurage

Source Gambar

Sama halnya seperti ikan buntal(pufferfish), ubur-ubur ini sangat beracun untuk dikonsumsi. Di Jepang sana makanan ini menjadi salah satu hidangan yang digemari dikarenakan teksturnya dagingnya seperti jeli dan lezat. Tetapi untuk bisa memakannya bagian racun pada ubur-ubur tersebut harus benar-benar dibersihkan dan dimasak oleh koki yang benar-benar ahli serta berpengalaman.


  • Alasan kenapa makanan-makanan berbahaya tersebut masih dikonsumsi

Bagi mereka yang kesehariannya sudah mengenal betul bahan pokok dari makanan tersebut mungkin sudah tidak menjadi masalah, karena mereka mengerti bagaimana cara mengolahnya sehingga aman dimakan (contoh: Afrika dengan buah ackee dan Jepang dengan ikan buntal). Tetapi ada sebagian dari mereka yang penasaran bagaimana rasa makanan tersebut, sehingga turut mencoba mencicipinya. Sebaiknya jika benar-benar tertarik untuk mencoba makanan berbahaya ini harus dihidangkan oleh koki yang ahli dan sudah berpengalaman.


Jadi itu tadi penjelasan admin mengenai makanan-makanan yang berbahaya tetapi masih tetap dikonsumsi. Terkadang admin tidak habis pikir lagi mengapa kita harus memakan makanan yang berbahaya jika Tuhan sudah memberikan banyak makanan lainnya yang bisa kita konsumsi dengan aman. Semoga kalian tetap menjaga kesehatan dengan makan-makanan yang baik dan sehat untuk tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *