MAKAN KEJU BONUS BELATUNG HIDUP?!? CAZU MARZU KEJU ILLEGAL DARI ITALIA

Hallo para pembaca yang GakBiasa, ada banyak makanan di dunia ini yang tidak layak untuk dikonsumsi. Mulai dari makanan berbentuk aneh, memiliki bau yang tidak sedap hingga proses pembuatannya yang sangat tidak lazim membuat orang berfikir dua kali untuk memakannya. Salah satu makanan yang akan admin bahas kali ini adalah keju asal Italia dengan belatung hidup didalamnya, penasaran bukan? yuk mari baca!

  • Casu Marzu

Casu marzu yang berarti “keju busuk”, merupakan keju khas asal Italia. Lebih tepatnya keju tradisional yang berasal dari Sardinia yang dibuat dengan bahan dasar susu domba. Keju ini juga disebut sebagai keju belatung, alasannya karena pada proses pembuatannya menggunakan larva lalat untuk memfermentasi susu domba. Keju ini dilarang beredar di daerah-daerah Eropa sana, baik memakannya ataupun memperjual belikannya, dikarenakan keju ini berbahaya untuk dikonsumsi. Tetapi kalian masih dapat menemukannya di pasar gelap di Sardinia, Italia.

Untuk awal proses pembuatan keju ini mirip seperti keju pecorino, susu domba dimasak hingga teksturnya mengental, kemudian dibentuk dan didiamkan selama kurang lebih 5-6 bulan. Setelahnya keju ini dibiarkan di ruangan terbuka dan terjemur di sinar matahari agar lalat-lalat datang dan bertelur di keju tersebut. Lalat yang digunakan tidak sembarangan, mereka menggunakan Piophila casei atau biasa disebut lalat keju.

Source Gambar

Telur lalat tadi kemudian menetas menjadi belatung yang memakan isi dari keju tersebut. Setelahnya belatung-belatung tadi mengeluarkan sisa makanan tadi menjadi enzim yang membuat terjadinya fermentasi didalam keju tersebut. Sehingga tekstur keju berubah menjadi lebih creamy/lembut serta mengeluarkan aroma yang busuk. Terkadang untuk mempercepat proses pembuatan keju casu marzu ini, mereka menggunakan keju pecorino yang kulit luarnya dipotong, kemudian belatung-belatung yang sudah menetas dimasukkan kedalamnya.

READ  5 BANGUNAN MEGAH DENGAN CERITA MEYERAMKAN DIBALIKNYA


  • Cara mengkonsumsi Casu Marzu

Bagi warga Sardinia menjadi hal yang lumrah untuk mengkonsumsi keju ini, biasanya mereka menghidangkannya pada acara-acara besar seperti pesta pernikahan dan perayaan ulang tahun. Untuk mengkonsumsinya biasa dihidangkan dengan roti dan juga anggur untuk menghilangkan bau menyengat dari keju tersebut. Saat yang tepat untuk mengkonsumsi keju ini yaitu saat belatung-belatung yang ada didalamnya masih hidup, sebab jika belatung-belatung tadi mati maka keju tersebut akan membusuk dan menjadi racun untuk dikonsumsi. Jadi untuk mengkonsumsinya pastikan mengunyah belatung-belatung tadi hingga hancur, sehingga tidak ada yang hidup di dalam perut. Sebagai pelindung tidak lupa mengenakan kaca mata karena belatung-belatung tadi dapat melompat sejauh 6 inci dan mengenai mata.


  • Bahaya mengkonsumsi Casu Marzu

Tidak tanpa sebab mengapa negara-negara Eropa sana melarang keju ini untuk dikonsumsi dan beredar. Hal ini dikarenakan bahayanya mengkonsumsinya dan tidak menyehatkan, sehingga keju ini hanya dapat beredar di pasar gelap Sardina dan tidak boleh diperjualkan secara umum. Namun hal ini membuat harga keju ini melambung tinggi melebihi harga keju pecorino.

Saat keju ini dicerna, tidak sedikit kemungkinan belatung-belatung tadi masih hidup di dalam perut manusia. Di karenakan saat di lambung, asam lambung tidak cukup untuk membunuh belatung tersebut sehingga belatung tadi tinggal di dalam usus beberapa waktu. Yang mana hal ini mengakibatkan dinding usus menjadi terluka sehingga menyebabkan muntah, sakit perut dan diare.

Tetapi hal ini tidak terjadi untuk warga Sardinia, mereka telah mengkonsumsi keju ini selama beratus tahun tanpa ada keluhan. Malahan keju ini dijadikan sering disajikan disaat perayaan besar seperti pesta pernikahan dan acara ulang tahun. Walaupun keju ini illegal, tetapi keju ini tetap diproduksi dan dijual secara tersembunyi.

READ  3 Pertanyaan Yang Sering Ditanya Tentang Suku Wanita Amazon


Jadi itu dia tadi penjelasan admin mengenai keju casu marzu atau keju berbelatung, apakah kalian tertarik untuk mencobanya?. Kalau admin sih mending makan seblak aja deh, ga tahan sama belatung-belatungnya, apalagi bisa loncat-loncat gitu hiiiii serem.

One thought on “MAKAN KEJU BONUS BELATUNG HIDUP?!? CAZU MARZU KEJU ILLEGAL DARI ITALIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *