KUNTILANAK ADA DI SELURUH DUNIA?!? HANTU GAKBIASA DARI INDONESIA

Hallo para pembaca yang GakBiasa, siapa yang masih takut buat jalan keluar malam sendirian? hehehe…. apalagi kalo sampai ketemu kuntilanak, bisa lari terbirit-birit tuh. Bicara soal kuntilanak, kali ini admin akan menceritakan asal muasal, sejarah dan apakah kuntilanak itu hanya ada di Indonesia saja?, yuk mari baca!



  • Sejarah Kuntilanak

Kuntilanak atau dalam bahasa Melayu disebut dengan pontianak atau puntianak yang berarti “perempuan mati beranak” adalah hantu yang konon dipercayai berasal dari perempuan hamil yang meninggal sebelum anaknya lahir. Umumnya kuntilanak digambarkan mengenakan baju putih panjang, berparas cantik dan berambut hitam panjang, tapi ada sebagian orang yang melihatnya sebagai sosok dengan wajah yang menyeramkan. Cerita kuntilanak ini kian berkembang hingga ke Malaysia yang mana sudah menjadi mitos yang umum di sana.


  • Penangkalan Berdasarkan Kepercayaan

Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, untuk menangkal kuntilanak perempuan hamil harus selalu membawa gunting, paku dan pisau kemanapun dia pergi, makanya tidak heran menjadi kebiasaan untuk meletakkan gunting, paku dan pisau di dekat tempat tidur bayi.

Lain halnya dengan kepercayaan agama samawi (Islam, Nasrani dan Yahudi) yang mana kuntilanak adalah makhluk jahat yang berasal dari golongan jin kafir dan setan. Untuk menangkalnya dapat dilakukan dengan berdo’a sebelum berpergian serta mengingat Sang Pencipta sesuai dengan kepercayaan masing-masing.


  • Apa kuntilanak hanya ada di Indonesia?

Pada dasarnya Kuntilanak ada diberbagai penjuru dunia dengan penyebutan nama yang berbeda-beda, hanya saja White Lady menjadi sebutan umumnya. White lady sendiri digambarkan sama halnya seperti kuntilanak, mengenakan gaun berwarna putih atau sejenis, rambut hitam panjang terurai serta memiliki kulit yang putih pucat. Diketahui beberapa negara dengan penyebutan kuntilanaknya yaitu :

  1. Phi Tai Hong – Thailand
  2. Rusalki – Rusia dan Ukraina
  3. Cheonyeo Gwishin – Korea
  4. La Llorona – Meksiko
  5. Yurei – Jepang

Jadi itu tadi sobat, penjelasan mengenai kuntilanak yang ternyata ada di berbagai penjuru dunia. Cuman mimin mulai berpikir, jika kuntilanak ada di berbagai penjuru dunia, apakah hantu-hantu Indonesia yang lain juga ada ya di penjuru dunia?

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *