Kisah GAKBIASA Legenda Garuda Raksasa dari Kampung Lobo di Kaimana Papua.

Hallo Sobat Gakbiasa.com Lovers,- kali ini kita akan membahas tentang salah satu hewan mitologi/legenda yang ada di Negara kita Tercinta nih, Yapppp… tepatnya Legenda yang ada disalah satu Wilayah NKRI, Papua.

Di salah satu daerah di Provinsi Papua tepatnya di Kaimana ada Kisah Legenda tentang Garuda Raksasa yang menjadi kebangaan masyarakat setempat dan tentunya kita sebagai Saudara Satu Bangsa harus turut bangga juga dong sobat, gimana Kisahnya yuk langsung kita simak :

Kampung Lobo terletak di Kabupaten Kaimana, Papua Barat yang bila dilihat di peta terletak di bagian jakun burung Papua. Kampung tersebut berada di Teluk Triton, wilayah perairan Kabupaten Kaimana yang juga menyimpan keindahan seperti halnya Raja Ampat.

“Kampung Lobo menyimpan cerita tentang Burung Garuda loh sobat. Bagi masyarakat setempat, itu menjadi kebanggaan karenaGgaruda juga menjadi lambang Negara Indonesia,”

Matias mengatakan masyarakat setempat meyakini bahwa lambang Garuda Pancasila diambil dari burung Garuda yang ada di Kampung Lobo.
Cerita burung Garuda itu pula yang menarik minat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengunjungi Kampung Lobo dalam rangkaian Ekspedisi NKRI dan Bhakti PMK serta Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Kaimana.

“Menurut Bupati, di sini pertama kali ada garuda yang menjadi lambang Garuda Pancasila. Ada pula cerita tentang kayu timomor yang digunakan sebagai tongkat Bung Karno,” ungkap Puan saat itu.

Selama ini, masyarakat Indonesia memang mengenal burung garuda sebagai makhluk mitologis yang bermuara dari keyakinan agama Hindu. Dalam mitologi Hindu, Garuda digambarkan sebagai makhluk setengah manusia dan setengah Burung, musuh para Naga.

Garuda adalah wahana atau tunggangan dari Dewa Wisnu, salah satu dari Trimurti yang merupakan pemelihara alam semesta.

Kegagahan Garuda kemudian menginspirasi bangsa Indonesia untuk menjadikannya sebagai lambang Negara. Negara lain yang menggunakan Garuda sebagai lambang negara adalah Thailand.

Berbeda dengan Garuda dalam agama Hindu yang lebih bersifat mitologis, masyarakat Kampung Lobo meyakini betul keberadaan burung garuda, bahkan jejaknya pun bisa dilihat di kampung itu.

***Dilahirkan ***

Berdasarkan informasi dari tokoh ada Kampung Lobo, Burung Garuda lobo berasal dari telur yang dihasilkan oleh manusia yang tinggal Di Gunung Warinau

“Perempuan itu melahirkan dua butir telur. Masing-masing menetaskan burung garuda berwarna hitam dan putih. Namun, yang berwarna putih tidak diketahui keberadaannya,” tutur Beni.

Burung garuda yang berwarna hitam itu kemudian tumbuh dewasa dan tetap tinggal di Gunung Warinau. Suatu hari, terjadi banjir di Sungai Urera yang menyebabkan banyak manusia tewas.

“Bangkai manusia yang terbawa banjir itu menjadi makanan burung garuda. Dia mengikuti Sungai Urera sampai kemudian sampai ke Kampung Lobo,” paparnya, mengisahkan.

Setelah bangkai manusia yang terbawa banjir habis, burung garuda itu kemudian tinggal di Gunung Emansiri. Kampung Lobo terletak di kaki gunung tersebut.

Karena tidak ada lagi bangkai manusia yang bisa dimakan, burung garuda itu kemudian mulai memangsa penduduk Kampung Lobo. Penduduk Kampung Lobo menjadi resah dan takut dimangsa burung garuda.

“Hingga suatu ketika, datang orang Portugis di Kampung Lobo. Orang Portugis itu kemudian menembak jatuh burung garuda. Bangkainya jatuh di bukit yang berbatasan langsung dengan tebing di pantai,” kisahnya.

Penduduk Kampung Lobo pun bersuka ria dengan tewasnya burung garuda. Di tempat burung garuda itu jatuh, kemudian dibangun tugu dengan patung Garuda di puncaknya.

“Waktu saya kecil dulu, tulang belulang burung garuda masih bisa ditemui. Namun, diambili oleh orang asing sampai akhirnya tidak bersisa sama sekali,” tutur Beni.

Cerita tentang burung garuda itu tidak hanya berbekas di benak masyarakat Kampung Lobo, tetapi juga masyarakat Kabupaten Kaimana lainnya. Burung garuda kemudian juga diambil sebagai lambang Kabupaten Kaimana.

” Masyarakat di Kaimana, sangat bangga memiliki lambang yang sama dengan lambang negara Indonesia, yaitu burung Garuda,”

Nah Gimana Sobat Gakbiasa Lovers itu tadituh salah satu kisah Hewan Mitologi yang ada di Papua, Indonesia. Keren dan Gak Biasa bukan?

Semoga Kisah ini bisa menambah Wawasan kita tentang Keragaman Kisah-Kisah Gakbiasa yang ada di Negara Kita ya Sobat!. Sampai bertemu di Kisah-Kisah Gakbiasa lainnya Sobat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *