KISAH GAKBIASA – Kisah Nabi Hanzhalah, Sang Penakluk Burung Raksasa Pemangsa Manusia, Gakbiasa.com

Hallo Sobat Gakbiasa.com kali ini bakal ada kisah menarik lagi nih tentang Nabi Hanzhalah yang Menaklukkan Burung Raksasa pemakan manusia. Penasarankan gimana kisahnya? yuk langsung saja dibaca!.

Nabi Hanzhalah adalah satu dari 124.000 Nabi yang mungkin masih sangat asing di telinga kaum muslim khususnya masyarakat dunia. Pasalnya dalam Al-Quran pun hanya ada 25 nabi saja yang paling banyak dikisahkan. Hanzhalah adalah seorang nabi dan rasul dari Bani Israil keturunan Yahuda, anak keempat Nabi Yakub.

Nabi Hanzhalah diutus untuk mendatangi kaum Rass, kaum penyembah berhala yang hidup di sebuah desa. Menurut kisah dari al-Kisa’i, di dekat desa tersebut terdapat sebuah gunung tinggi tempat tinggal burung raksasa bernama Anqa.

Apabila burung itu terbang, tubuhnya bisa menutupi sinar matahari. Lehernya panjang seperti unta dan memiliki empat sayap. Burung ini suka membawa hewan-hewan berukuran besar, seperti kuda, unta dan gajah ke gunung tempat tinggalnya, lalu memangsanya.

Burung Anqa juga dikisahkan suka memangsa manusia, membawanya dengan cakar, lalu dijadikan makanan untuk anak-anaknya. Keberadaan burung Anqa membuat kaum Rass gelisah. Oleh karena itu mereka meminta solusi kepada Nabi Hanzhalah. Kaum Raas berjanji akan percaya kepada semua dakwah Nabi Hanzhalah jika burung itu benar-benar mati.

Nabi Hanzhalah pun menuruti kemauan mereka dan kemudian berdoa kepada Allah untuk memusnahkan Anqa dan keturuannya. Allah mengabulkan doa Nabi Hanzhalah dan kemudian burung Anqa dimusnahkan hingga tidak ada satu ekor pun yang tersisa.

Bukannya semakin yakin akan kebesaran Allah dan semua dakwah Nabi Hanzhalah, kaum Rass malah mengingkari janji mereka dan bahkan berniat membunuh Nabi Hanzhalah. Kaum Rass kesal dengan dakwah nabi yang dianggap bisa merugikan mereka.

Tidak ada seorangpun dari kaum Rass yang mau beriman kepada Allah, kecuali seorang budak hitam. Tak lama kemudian, penduduk berhasil menangkap Nabi Hanzhalah dan kemudian melemparkannya ke dalam sumur, kemudian menutupnya dengan batu besar.

Budak tersebut dan hanya bisa menolong Nabi Hanzhalah dengan memberinya makan, kemudian menutup kembali sumur tersebut. Budak itu memberinya makan setiap habis mencari kayu bakar di hutan.

Pada suatu hari, budak itu sedang mencari kayu bakar. Merasa lelah dan ngantuk, budak itu memutuskan untuk tidur sejenak. Dalam sebuah riwayat, budak itu tertidur selama tujuh tahun lamanya, sehingga ia tidak sempat memberi makan Nabi Hanzhalah.

Ia mengira hanya tertidur sebentar, ketika hendak memberi makan Nabi Hanzhalah, ia tidak menemukannya di dalam sumur. Rupanya Allah telah memanggil Nabi Hanzhalah untuk kembali ke sisinya dan kemudian membangunkan budak itu dari tidur panjangnya.

Selama budak itu tertidur, Allah telah membinasakan kaum Rass seperti yang dikisahkan dalam surat Al-Furqan ayat 38. Allah sengaja menidurkan budak hitam itu agar ia tidak melihat azab mengerikan yang menimpa kaum Rass dan juga agar dia tidak menyaksikan panutannya meninggal dunia.

Wah Kisah yang sangat Gakbiasa ya Sobat Gakbiasa.com semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang Kisah-kisah Nabi yah.

Jangan Lupa di Share keteman-teman Sobat sekalian ya agar Saling memberi pengetahuan yang bermamfaat dari Gakbiasa.com. Sampai Bertemu di Arikel Selanjutnya Sobat!.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *