Kesetrum Ketika Siku Terbentur ? Ini Alasannya !!

Perasaan kesetrum ketika siku terbentur mungkin pernah teman-teman rasakan. Kadang-kadang su

ka heran kenapa sih siku kita ini sensitif. pernah ngga gakbiasa lover ngerasain siku teman-teman ngga sengaja ngebentur sesuatu, terus rasanya kayak ada yang nyentrum gitu. kadang bukan gitu aja, bisa jadi kayak kebas dan mati rasa, kenapa sih begitu. apa karna ada listrik di siku ?

Sebagian dari kita pasti pernah merasakan dan bertanya-tanya seperti ini. sederhananya adalah karna disiku ada suatu organ yang perlindungannya kurang, penasaran ? kuy baca artikel ini

BACA JUGA : TUBUH TIBA-TIBA MERINDING, APAKAH ADA HANTU DISEKITAR KITA?!?

  • PENYEBAB SIKU TERASA KESETRUM

Seperti yang admin sembunyikan sebelumnya, siku kerasa ngilu dan ada perasaan seperti efek kesetrum Ketika menghantam atau terbentur benda padat karna ada organ tubuh yang terbuka tanpa dilindungi otot, itu adalah Saraf. uratlah penyebab dari kesentrum yang selama ini rasakan.

Saraf Ulnar itu nama saraf yang menyebabkan perasaan seperti tersentrum selama ini. saraf tersebut melewati siku tepatnya saraf tersebut berada dari bahu sampai ke jari. dilansir dari hellosehat, saraf ini berfungsi sebagai pengatur otot untuk pergerakan jari, tangan dan otot lengan bagian bawah dan mempermudah pergerakannya.

ilustrasi saraf ulnar
ilustrasi saraf ulnar (Image Source)

Saraf yang berada di siku ini, atau lebih tepatnya dilbelakang tulang Humerus. tulang ini yang menjaga saraf ini dari bahu sampai siku. namun tidak semuanya terlindungi dan bagian yang tidak terlindungi itu adalah bagian siku. pada bagian siku saraf ini hanya dilindungi oleh kulit dan lemak. seperti yang kita tahu siku tidak memiliki banyak lemak, sehingga ini sangat berdampak ketika terbentur.

seperti yang dikatakan sebelumnya, saraf ini mengatur pergerakan jari, tangan, dan otot bagian bawah lengan dan mempermudahnya sehingga terjawab sudah kenapa aka nada rasa mati rasa, sulit digerakkan atau kebas pada tangan  ketika siku terbentur .

Kemudian untuk rasa tersentrum tadi dikarnakan saraf bersifat sangat sensitif, pergerakan, perasaan dan indra kita dipengaruhi oleh saraf, lantas ketika saraf ini terbentur. saraf akan mengirim semacam sinyal ke otak secara langsung dan efeknya adalah perasaan seperti tersentrum dan ngilu.

  • Apakah ini berbahaya ?

Mengingat posisi saraf ini yang perlindungannya cenderung lemah, hantaman keras tentu bisa berpotensi bahaya yang lebih. namun kasus itu jarang terjadi, untuk kasus-kasus terbentur ringan biasanya perasaan ngilu atau kebas tersebut akan hilang dengan sendirinya.

apakah berbahaya jika sering ? jawabannya iya, bersandar dengan siku menekan benda keras terlalu lama bisa mengakibatkan saraf terjepit loh. hal ini sering kita lakukan ketika kita tidur sambil nonton tv atau mendengarkan kawan curhat. angkat kepala dan sandarkan kepala dengan tangan berlipat dan siku sebagai tumpuan.

Ilustrasi siku terbentur
Ilustrasi siku terbentur (Image Source)

kebiasan tersebut berbahaya dikarnakan tekanan terus menerus dan berat yang memberikan efek pada saraf ulnar tadi dapat memicu Cubital Tunnel Syndrome. hal ini disebabkan salah satunya saraf ulnar berada pada keadaan tertekan dalam waktu yang lama. efeknya yaitu siku akan terasa sakit ketika ditekan, jadi lebih sensitif gitu.

setelah mengetahui hal tersebut, alangkah baiknya kita kurangi kebiasaan tidur dengan siku sebagai posisi pewe kita. hal itu karna memang kebiasaan ini kurang baik dan berpotensi menimbulkan banyak penyakit lainnya.

  • Kesimpulan

Kesimpulannya yaitu adalah perasaan ngilu dan seperti tersentrum itu adalah akibat dari saraf ulnar yang mendapat tekanan atau hantaman dari benda keras contoh seperti siku terlantuk pintu. saraf yang sifatnya sensitif mengirimkan sinyal ke otak dan otak bereaksi dengan memberikan perasaan seperti tersentrum.

nah itu tadi jawaban dari pertanyaan kenapa siku tersentrum kalau terlantuk, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *