Jaringan Komputer – Pengertian, Jenis-Jenis dan Aplikasinya di kehidupan sehari-hari

jaringan komputer

Jaringan Komputer-Di zaman sekarang ini semuanya serba mudah, pertukaran informasi mengalir dengan cepat dan salah satu sebabnya karna adanya Jaringan Komputer. Jaringan komputer ini membantu memudahkan manusia dalam berkomunikasi satu sama lain.

Sebagai contoh ledakan di Lebanon yang baru-baru ini terjadi. Peristiwa tersebut dapat langsung kita ketahui hanya beberapa jam bahkan menit setelah kejadian tersebut terjadi.hal ini dikarnakan kita bisa saling bertukar informasi di berbagai media yang semuanya dihubungkan dengan jaringan.

Contoh lainnya yang sederhana adalah ketika kalian bermain warnet. Warnet zaman sekarang tidak lagi memakai harddisk internal, semuanya terpusat. Dengan memanfaatkan jaringan komputer hal ini bisa dilakukan sehingga semuanya menjadi lebih mudah

PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER

Secara sederhana jaringan komputer adalah sebagai cara yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Setiap komputer dihubungkan dengan berbagai perantara sehingga masing-masing dapat terhubung satu sama lain. Hal membuat antara komputer satu dengan komputer lainnya dapat bertukar informasi dan seperti inilah konsep jaringan secara sederhana

JENIS-JENIS JARINGAN

Jenis jaringan ini beraneka ragam sesuai dengan parameternya. Secara umum jenis jaringan ini dibagi menjadi 3 jenis, berdasarkan fungsi, jangkauan dan perantara. Berikut penjelasan untuk masing-masing jenis jaringan

JENIS JARINGAN BERDASARKAN FUNGSINYA

Berdasarkan fungsinya fungsinya Jenis ini dibagi menjadi 2 yaitu peer to peer dan client-server. Berikut penjelasan untuk masing-masing jenis

  1. Peer to Peer

Peer to peer adalah jenis jaringan yang biasanya digunakan hanya sebatas sharing file antara 2 komputer. Yang menjadi ciri khas dari jenis ini adalah kedua komputer ini berfungsi sebagai client dan juga servernya. Masing-masing dapat mengirim dan menerima data.

jenis jaringan peer to peer
Gambar : jenis jaringan peer to peer
  • Client-Server

Client-Server adalah jenis jaringan yang biasanya digunakan oleh perusahaan atau banyak yang terhubung didalamnya. Yang menjadi ciri khas dari jenis ini adalah masing-masing komputer memiliki tugas yang berbeda. Server adalah komputer atau pihak yang dianggap sebagai pemberi layanan sedangkan client atau workstation adalah pihak yang menerima layanan tersebut.

jenis jaringan client server
Gambar : jenis jaringan client server

Sebagai contoh adalah komputer warnet. Komputer warnet biasanya tidak lagi menggunakan harddisk di setiap client atau workstationnya, dalam hal ini client adalah komputer tempat kita bermain dan server adalah PC operatornya. PC operator menyediakan berbagai file game didalam harddisknya dan client akan mengakses game tersebut.

Contoh lainnya adalah ketika kalian bermain warnet mungkin kalian hanya akan melihat satu printer dan itu berada di meja operator. Nah itu juga perwujudan dari jenis jaringan Client Server dimana Operator menjadi pemberi layanan untuk dapat memprint sehingga kita dapat memprint dari PC Client.

JENIS JARINGAN BERDASARKAN JANGKAUANNYA

Jenis jaringan berdasarkan jangkauannya berarti jaringan dibagi berdasarkan seberapa jauh jaringan ini dapat terhubung. Secara garis besar ini dibagi menjadi 4, LAN, MAN, WAN dan internet. Berikut penjelasan lengkapnya :

  1. LAN (LOCAL AREA NETWORK)

LAN adalah jenis jaringan yang biasanya digunakan untuk skala kecil, jenis jaringan ini mampu mencakup hingga jarak 1 Km. Jenis jaringan ini biasanya digunakan didalam kantor, gedung atau sekolah. Jenis jaringan LAN adalah jenis jaringan yang paling sering kita temui di kehidupan sehari-hari. Tipe jaringan LAN bisa menggunakan kabel karna cakupannya cukup kecil atau bisa juga menggunakan Wireless atau disebut dengna WLAN

Untuk bentuk dari jaringan LAN ini sebenarnya beragam, bentuk dan strukturnya tersebut biasa disebut dengan topologi jaringan. topologi jaringan ini menentukan cepat lambat, biaya atau cost yang dibutuhkan untuk merancang jaringan komputer.

  • MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jenis jaringan yang biasanya digunakan untuk skala medium. Diaplikasikan biasanya pada jarak antar kota atau bahkan provinsi. Jarak yang ditempuh bisa sampai 100KM. Jenis jaringan ini biasanya menggunakan kabel fiber optic untuk penghubungnya atau jika menggunakan Wireless memerlukan tambahan peralatan lain untuk mengirim dan menangkap sinyal atau frekuensi.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jenis jaringan yang biasanya digunakan saling berhubungan dengan jarak antara Negara. Cakupannya cukup jauh. Konsepnya adalah menggabungkan jaringan antar Negara sehingga masing-masing dapat saling mengirim informasi.

  • INTERNET

Internet adalah jenis jaringan paling luas yang kita kenal sampai saat ini. jenis ini dapat mencakup berbagai benua atau bahkan seluruh dunia. Konsep sederhananya adalah setiap jaringan didunia dihubungkan dan itulah yang kita rasakan saat ini.

JENIS JARINGAN BERDASARKAN MEDIA PERANTARA

Secara garis besar jenis jaringan ini dibagi menjadi 2 macam yaitu Jaringan Kabel dan Nirkabel. Berikut penjelasan singkat mengenai kedua jenis tersebut

  1. Jaringan Kabel

Jaringan kabel adalah jaringan yang dibentuk menggunakan kabel. Contohnya adalah jenis jaringan LAN yang biasa kita lihat di warnet-warnet. Itu menggunakan kabel jika kalian lihat secara detail. Kabel tersebut menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya sehingga dapat terhubung. Kelebihan dari jaringan kabel ini adalah sangat stabil karna tidak dipengaruhi oleh hambatan apapun.

  • Jaringan Nirkabel

Jaringan tidak menggunakan kabel disebut dengan jaringan nirkabel. Jenis jaringan ini memanfaat frekuensi untuk menyebarkan jaringannya. Hal ini biasa kita kenal dengan Wifi atau WLAN. Penggunaan jaringan ini sendiri sebenarnya sangat portable karna kita bisa menggunakannya dimana saja selama sinyal sampai. Hanya saja kekurangan terbesar dari jaringan adalah sinyal yang tidak stabil karna banyak halangan seperti dinding, pintu, kursi dan lain-lain.

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Manfaat jaringan komputer ini pasti sudah sangat bisa dirasakan bagi kita semua. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa dengan adanya jaringan komputer ini kita dapat dengan mudah melakukan komunikasi. Selain itu juga terdapat berbagai manfaat dari jaringan komputer ini, berikut penjelasannya :

  1. Memudahkan Komunikasi

Ini merupakan hal pertama yang harus kita sadari dengan adanya jaringan komputer ini. Dengan adanya ini jaringan komputer,setiap komputer dan informasi dengan cepat bertukar sehingga kita terus mendapatkan informasi terbaru. Sebagai contoh adalah berita. Berita di Jakarta akan kita dapatkan bahkan dalam hitungan detik, padahal sekarang kita anggap kita berada di pekanbaru. Hal ini menjadi bukti betapa mudahnya informasi sekarang mengalir dan ini tentu menjadi manfaat paling besar yang bisa kita rasakan

  • Memudahkan untuk Berbagi Data

Berbagi data menjadi hal yang sangat mudah ketika kita menggunakan jaringan. Sebagai contoh ketika ingin mengirim data berupa film kepada teman disebelah, kita tidak lagi membutuhkan flashdisk untuk mengirimkan hal tersebut. Kita dapat membentuk jaringan peer to peer dan membuat share folder sehingga teman kita bisa mendapatkan data film tersebut dari komputer dia sendiri yang mengakses folder kita.

  • Meringankan kerja manusia

Dengan adanya jaringan komputer, kerja manusia menjadi semakin ringan. Hal ini karna beberapa tugas dapat diselesaikan dapat di handle oleh jaringan komputer. Sebagai contoh pengiriman file penting tidak lagi menggunakan pos untuk mengirim. Kita dapat menggunakan email dan mengirimnya direct kepada orang yang kita ingin kirim kan file tersebut. Hal tentu mempermudah ratusan kali pengerjaan manusia dan semuanya menjadi cepat dan aman karna langsung kepada pihak yang kita kirim.

PENGGUNAAN JARINGAN KOMPUTER DI KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Berikut beberapa pengaplikasian jaringani komputer pada kehidupan sehari-hari

  1. Pengiriman lowongan kerja menggunakan email
  2. Media Sosial untuk melakukan pengiriman pesan
  3. Melakukan panggilan tanpa harus bertatap muka secara langsung
  4. Pengiriman File Tanpa menggunakan jasa pos
  5. Pengiriman uang tanpa menggunakan pos atau wesel

Sekain informasi mengenai jaringan komputer, semoga kita semua mendapatkan ilmu dari artikel ini. Terima kasih

5 thoughts on “Jaringan Komputer – Pengertian, Jenis-Jenis dan Aplikasinya di kehidupan sehari-hari”

  1. Pingback: Macam-Macam dan Ciri Khas Topologi Jaringan Komputer – Gak Biasa

  2. Pingback: OSI LAYER - PENGERTIAN,PROTOKOL,TUGAS – Gak Biasa

  3. Pingback: Cara Menghitung IP Address - Penjelasan Lengkap – Gak Biasa

  4. Pingback: Hardware,Software & Brainware - Pengertian,Jenis dan Perbedaan – Gak Biasa

  5. Pingback: Gempa Bumi : Pengertian,Jenis dan Dampak – Gak Biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *