Gak Biasa, Suku ini gunakan Lingkaran di Lehernya

Hai gak biasa lover, dunia ini penuh dengan hal-hal aneh yang ngga biasa, hal tersebut bisa jadi datang dari kebiasan, adat dan tradisi, ini ni salah satu contohnya, Memanjangkan leher yang biasa dilakukan oleh suku kayan lahwi. Untuk kalian yang belum tau pasti heran, memanjangkan leher ? gimana caranya ? nah kuy simak artikel dibawah ini :

  • Bukan Suku Karen

Suku kayan lahwi atau terkadang disebut suku padaung merupakan suku yang unik dimana ciri khas suku ini dimata dunia adalah para wanitanya mengenakan lingkaran pada bagian leher. Berdasarkan data dari wikipedia, wanita- wanita yang menggunakan lingkaran di leher mereka merupakan suku kayan lahwi atau padaung bukan suku karen.

  • Alasan menggunakan lingkaran di leher mereka

Jadi penggunaan cincin leher ini bukan hanya sekedar untuk kecantikan bagi mereka, ini merupakan tradisi yang ingin mereka pertahankan, menurut mereka, mereka merupakan keturunan dari mahkluk mitos naga (baca artikel Mahkluk Legenda Sejuta Umat, Naga), lilitan gelang tersebut berfungsi agar para wanita terlihat seperti naga tersebut. untuk informasi, dilansir dari m.kbr.id berat setiap gelang kurang lebih 3 kg.

  • Mulai Lunturnya kebudayaan tersebut

Kebudayaan tersebut seiring perkembangan zaman mulai ditinggalkan, ini mengacu pada desa Dor Klow Htoo yang sekitar 20 tahun lalu masih memiliki 30 wanita yang menggunakan cincin tersebut dan sekarang hanya tinggal 3 orang. Ada beberapa alasan yang dikemukakan mulai dari rasa sakit ketika menggunakannya hingga merasa tidak percaya diri bila bertemu orang lain.

Nah itu tadi beberapa hal mengenai suku Kayan Lahwi atau Padaung, kesimpulan yang dapat kita ambil adalah tidaklah salah menjaga tradisi karna tradisi memang merupakan warna yang unik, namun semuanya harus cukup masuk akal atau setidaknya tidak menyakiti diri sendiri ketika melakukannya, bisa jadi tradisi pada awalnya merupakan sebuah kesalahan, tugas kita adalah memperbaikinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *