FAKTA MENGAPA TIDAK ADA SENYUMAN PADA FOTO JAMAN DAHULU

Hallo para pembaca yang GakBiasa, pernahkah kalian memperhatikan foto-foto orang jaman dahulu? kalian pasti menemukan sesuatu yang ganjil dari foto itu. Bukan karena fotonya hitam putih -_- , di sini admin tidak mempermasalahkan fotonya yang tidak berwarna, tetapi disaat kalian memperhatikan foto-foto tersebut terdapat sebuah kesamaan, yaitu tidak ada yang tersenyum saat di foto. Kali ini admin akan membahas mengapa orang-orang dahulu tidak tersenyum saat berfoto, yuk mari baca!


  • Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pengambilan foto

Kita tahu perkembangan teknologi sangat berkembang pesat saat ini, belum lama belakangan ini kita di hebohkan dengan sebuah smartphone yang dapat menfoto permukaan bulan dengan jelas, tetapi tidak saat jaman dahulu. Teknologi tidak secanggih sekarang, untuk pengambilan satu gambar foto saja dibutuhkan waktu puluhan detik, yang jelas sangat sulit untuk mereka mempertahankan ekspresi wajah selama itu. Ekspresi wajah datar menjadi pilihan terbaik bagi mereka untuk berdiam diri menunggu pengambilan gambar foto yang memakan waktu cukup lama.

Source Gambar

Selain itu biaya yang sangat mahal membuat orang-orang jaman dahulu sangat jarang berfoto. Hanya golongan-golongan orang tertentu yang bisa berfoto, seperti Bangsawan, orang yang memiliki jabatan tinggi, dan sebagian kecil orang kaya. Hal ini menjadi alasan kenapa orang-orang dahulu hanya memiliki beberapa foto saja, bahkan cuma 1 untuk seumur hidup.


  • Budaya senyum disandingkan dengan golongan kelas bawah

Orang jaman dahulu mendeskripsikan senyuman bukan sesuatu yang elegan. Tersenyum hanya dilakukan oleh anak-anak, pembantu, orang kelas bawah dan pinggiran. Sehingga orang-orang kelas atas jaman dahulu mempertahankan kewibawaannya dengan tidak tersenyum, karena hal itu bisa merusak harga dirinya sebagai orang yang terpandang, apalagi sampai dicetak pada lembaran kertas foto.


  • Masalah kesehatan gigi jaman dahulu

Tidak seperti sekarang, yang disaat ada masalah pada gigi, kita dapat langsung memeriksanya ke dokter, belum lagi teknologi yang semakin maju sekarang. Jaman dulu memiliki gigi yang rusak menjadi hal yang biasa, seperti ompong, gigi berlubang dan hitam. Bukan karena mereka orang dulu tidak menjaga kebersihan mereka, tetapi karena tingkat pengobatan gigi belum berkembang. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi yang berlubang hanya dengan mencabutnya, sementara untuk masalah lainnya seperti karies, gigi kuning, patah, dan retak tidak ada pengobatan yang efektif.

Hal ini membuat orang jaman dahulu tidak sering menunjukan giginya kepada orang lain, terlebih lagi untuk berfoto, mereka sebisa mungkin menyembunyikan agar tidak terlihat.


Jadi itu tadi pembahasan admin mengenai orang-orang jaman dahulu yang tidak pernah tersenyum saat difoto. Berbeda dengan jaman sekarang yang mana senyuman menjadi hal yang harus ada pada setiap sesi foto. Bahkan di era sosial media saat ini, sangat jarang untuk menemukan foto-foto dengan wajah datar. Malahan kamu akan dicap aneh jika tidak tersenyum saat difoto.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *