Fakta Buruk Sampah Plastik yang Jarang Kalian Ketahui

ilustrasi sampah platik

Cintailah alam dan alam akan mencintaimu, mungkin ini adalah ungkapan yang tepat bagi kalian yang masih suka membuang sampah sembarangan. Banyak manusia menginginkan kebersihan, kerapihan dan lain-lain namun masih berprilaku membuang sampah sembarangan. Ketika terkena dampak mereka mencari alasan dan kambing akibat kelakuannya sendiri.

Taukah kalian ? dengan membuang sampah sembarang terutama plastik, kalian ikut serta dalam proses pencemaran bumi. Plastik merupakan bahan atau material yang banyak di kehidupan saat ini. Hampir seluruhnya menggunakan plastik dan ketika selesai menggunakan kebanyakan plastik akan dibuang. Mungkin kalian semua tau plastik merupakan material yang sangat sulit untuk diuraikan.

Berdasarkan keresahan tersebut, admin mencoba menyadarkan kita semua termasuk admin untuk menjaga lingkungan kita dengan cara memberui tau hal yang jarang kalian ketahui tentang fakta buruk membuang sampah plastik dan pengaruhnya di kehidupan manusia.

BACA JUGA : SUKA BEGADANG ? INI EFEK BEGADANG BAGI KESEHATAN TUBUH

BUTUH 500-1000 TAHUN UNTUK MENGURAI

Bayangkan waktu yang dibutuhkan plastik untuk mengurai, ketika kalian membuang sampah saat ini, kemungkinan di generasi kalian ke 8 sampah plastik baru mengurai. Untuk sekedar informasi proses penguraian biasanya dilakukan dengan 2 cara, pertama biotik yaitu penguraian yang dilakukan oleh mikroorgranisme dan yang kedua adalah abiotik, yaitu penguraian yang dilakukan oleh hal fisik seperti angin atapun air. Nah untuk plastik, bahan ini sangat resist dengan hal tersebut sehingga sangat lama sekali untuk terurai.

ilustrasi sampah platik
ilustrasi sampah platik (Image Source)

Waktu penguraian sendiri tergantung dari jenis sampahnya dan lokasi dimana sampah tersebut berada. Sebagai contoh waktu yang diperlukan sampah plastik yang terletak di tanah berbeda dengna sampah plastik yang berada diatas tumpukan plastik lain. Kenapa ? tentu kalian sudah tau jawabannya jika kalian membaca 2 cara proses penguraian tadi.

Proses penguraian ini tidak sebanding dengan proses pakainya itu sendiri. Mengapa ? berdasarkan penelitian dan survey dilapangan yang dilakukan berbagai pihak, kantong plastik hanya digunakan kurang lebih 12 menit. Bukankah itu tidak berimbang ketika kita hanya menggunakan selama12 menit lalu membuangnya namun kita harus menunggu 1000 tahun agar bahan tersebut mengurai. Nah itu kalau satu, kalau belanja mana mungkin satu ya kan ?

MEMBUANG SAMPAH BERARTI MERACUNI DIRI SENDIRI

Mungkin sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar berita bahwa ada hewan yang mati kemudian didalam perutnya terdapat plasti. Bahkan kejadian terbaru ini tentang paus yang didalam perutnya terdapat sampah plastik. Lantas bagaimana plastik ini meracuni kita ? jawabannya mikroplastik. Ikan yang kalian makan bisa jadi telah mengandung mikroplastik didalamnya Karna kondisi lautan sendiri sangat memprihatinkan, banyak sampah plastik. Tak heran jika ikan memakan beberapa potongan kecil plastik dan berubah menjadi mikroplastik lalu ikan tersebut kita makan.

ilustrasi sampah platik
ilustrasi sampah platik (Image Source)

Selain itu mirkoplastik itu sendiri bisa masuk di tubuh manusia melalui berbagai cara, dari pakaian sintetis, kontak lensa atau bahkan air minum kemasan yang sering kita minum. Mikroplastik ini menganggu sistem imun dan kekebalan tubuh. Tentu saja hal ini akan mengancam manusia generasi ke generasi.

BELUM DITEMUKAN CARA MENGATASINYA

Hal ini tentu lama dipikirkan oleh mereka yang berusaha menjaga alam dan mengatasi apa yang harus diperbuat oleh manusia. Mereka para penemu berusaha untuk menciptakan berbagai cara untuk menguraikan dan menghilangkan sampah plastik tadi. Ditemukan cara dengan mendaur ulang agar plastik yang kita gunakan berasal dari sampah plasti yang kita buang. Namun cara ini tidaklah efektif, terbukti penelitian menyebutkan proses daur ulang hanya menghilangkan sebagian kecil dari banyaknya sampah di dunia.

ilustrasi sampah platik
ilustrasi sampah platik (Image Source)

Bukti lainnya adalah sampah didunia semakin lama semakin banyak, bahkan ada tulisan yang mengatakan bahwa tahun 2050 akan lebih banyak sampah plasti di laut dibanding ikannya sendiri. Wajar saja, plastik ini seperti mesin pembunuh, menganggu proses perkembang biakkan ikan, membunuh ikan itu dan terdiri dari bahan yang sulit untk diuraikan. Mengerikan bukan ?

Nah itu tadi beberapa fakta buruk sampah plastik yang jarang kalian ketahui, mulailah dari sekarang setidaknya untuk mengurangi penggunaan plastik karna kita semua tau hal tersebut merugikan diri kita sendiri kelak. Jangan lupa membuang sampah pada tempatnya, jangan sembarangan dan malah berakhir merugikan kalian sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *