Efek Samping Membunyikan Jari

terkadang kita suka berpikiran, apakah ada efek samping membunyikan jari ? karna jika dilihat dari efek yang ditimbulkan rasa yang didapat malah seperti semakin lincah. namun terkadang ada rasa sakit sehingga membuat kita bingung apakah ini baik atau buruk untuk dilakukan.

Membunyikan jari seperti nya merupakan hal yang lumrah di indonesia. ketika ditanya mengapa melakukan hal tersebut, ada yang menjawab kebiasaan. ada juga yang menjawab dapat menghilangkan pegal-pegal, jadi lebih plong gitu katanya. untuk hal itu mari kita bahas secara detail :

BACA JUGA : INI NIH PENYEBAB OTAK BEKU KETIKA MINUM ES , BERIKUT DENGAN CARA MENGHILANGKANNYA !

  • Kenapa Bisa Berbunyi ?

Banyak penelitian yang dilakukan yang keseluruhan penelitian berujung pada 2 hal yaitu Gelembung dan Cairan Sendi. Alasan kenapa jari ketika ditarik atau dilipat bisa berbunyi sebenarnya masih diperdebatkan sebabnya. permasalahan ini telah diteliti sejak lama dan banyak sekali teori yang dikemukakan. banyak pendapat dari ahli-ahli tulang dan ahli lainnya yang berpendapat. disini admin rangkum beberapa penilitian dan pendapat para ahli yang dikemukakan :

  1. JB ROSTON & RW HAINES

Penelitian pertama kali oleh kedua tokoh ini. Tokoh inilah yang pertama kali menyebut istilah gelembung. dilansir dari kompas, bunyi timbul akan perubahan pada sendi jari. bagaimana bisa ? begini pada dasarnya otot metacarpal-falanges sifatnya padat. ketika terjadi tarikan atau lipatan kuat, permukaan sendi mengambang lalu masuklah cairan sendi bersama gas yang terlarut dicairan tersebut akibat dari tekanan yang dilakukan. proses tersebut menciptakan semacam retakan dan membuat semacam rongga udara kecil sehingga terbentuklah gelembung. gelembung inilah yang menyebabkan bunyi tersebut.

membunyikan jari
membunyikan jari (Image Source)

  1. A Unsworth

Setelah penelitian pertama dilakukan, 24 tahun berlalu dan A Unsworth membantah penelitian yang pertama kali dilakukan. Hasil penelitian layaknya timur dan barat, sangat bersebrangan. A Unsworth mengatakan bahwa alih-alih bunyi dikarenakan munculnya gelembung tersebut, ia mengatakan bunyi tersebut justru akibat pecahnya gelembung itu.

Berbagai penelitian pun dilakukan oleh berbagai peneliti dilakukan dengan berbagai metode sampailah pada tahun 2015

  1. Gregory N Kawchuk

Pada tahun 2015, Kawchuk dengan metodenya menggunakan Magnetic Resonance Imaging mencoba melakukan penelitian. singkatnya penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah kesimpulan yang kembali bertolak belakang dengan penelitian sebelumnya. kawchuk justru setuju dengan JB Roston dan RW Haines bahwa bunyi tersebut diakibatkan munculnya gelembung.

  1. Al Barakat

Al Barakat yang mencoba meneliti mengenai hal ini hingga pada tahun 2019 Al Barakat dengan metodenya menggunakan persamaan matematika menyimpulkan bahwa bunyi disebabkan karna pecahnya gelembung. hal ini tentu mempertegas hasil penelitian A Unsworth tentang bunyi disebabkan pecahnya gelembung

Sampai sekarang masih diperdebatkan masalah asal bunyi ini dan belum ada penelitian yang benar-benar diakui oleh keseluruhan dan memang pasti adanya.

  • Efek yang ditimbulkan

Untuk masalah efek yang terjadi ketika jari ini dibunyikan pun belum ada titik terang. banyak pendapat yang mengatas namakan telah menggunakan data dan metode tertentu. ada yang mengatakan tidak terjadi apa-apa atau tidak terdpat bahaya. ada juga yang berpendpat bahwa ini akan menyebabkan pembengkakan. selain itu ada juga yang menyimpulkan akan mengurangi kekuatan genggaman hingga kerusakan ligamen. belum ada hal yang pasti tentang ini, yang jelas ketika bunyikan jari tersebut kita merasakan sedikit plong walaupun kita tidak tau apakah itu semacam sugesti atau memang benar merileks kan sendi jari.

untuk itu admin merangkum beberapa penelitian dan percobaan yang dilakukan oleh para peneliti dengan tujuan agar teman-teman dapat menyimpulkan apa efeknya :

  1. Percobaan Selama 60 Tahun

Dilansir dari kompas, ada seorang pria yang sengaja melakukan percobaan untuk membunyikan sebelah tangannya selama 60 tahun guna membuktikan apakah ada efek samping dari membunyikan jari. pria tersebut bernama Donald Unger, Pria asal california itu membunyikan sebelah tangannya paling sedikit 2 kali selama sehari untuk 60 tahun.

Hasil dari percobaanya adalah tidak ada nya efek samping yang ditimbulkan, apalagi sampai menimbulkan penyakit arthritis. arthritis adalah peradangan salah satu sendi atau lebih sendi, sehingga menimbulkan rasa kaku ataupun nyeri. rasa tersebut semakin menguat ketika umur semakin tua. percobaan ini membuktikan bahwa memang membunyikan tangan tidak terlalu memiliki efek samping selain rasa plong atau sugesti plong yang dirasakan

membunyikan jari
membunyikan jari (Image Source )

  1. Boutin dengan 40 Responden

Boutin seorang Radiological Society melakukan percobaan terhadap 40 responden. percobaan ini dilakukan untuk membuktikan efek samping dari membunyikan jari. Dilansir dari Viva, ia mencoba untuk membuktikan apakah benar membunyikan jari dapat merusak persendian atau tidak. metode yang digunakan adalah membandingkan persendian antara sebelum dibunyikan dan sesudah dibunyikan. percobaan dilakukan dengan USG untuk melihat secara jelas efek yang terjadi.

Hasil dari percobaan yang dilakukan boutin adalah tidak ditemukannya kerusakan pada persendian diakibatkan membunyikan jari. malah sebaliknya, kinerja mereka menjadi semakin lincah dan lihai. ntah hal ini dikarnakan sugesti ataupun hilangnya gelembung memang mengakibatkan kelincahan pada jari atau organ yang dibunyikan.

  • KESIMPULAN

Kesimpulan yang admin dapatkan dari artikel ini adalah ada 2 hal yang menyebabkan terjadinya bunyi, pertama adalah gelembung yang timbul dari celah rongga udara, kedua adalah masuknya cairan yang berada didalam sendi akibat dari tarikan atau lipatan yang dilakukan. untuk efek samping sepertinya berdasarkan beberapa penilitian, khusunya yang admin lampirkan di artikel ini, kedua nya sama-sama menyatakan bahwa tidak ada efek samping yang cukup besar dan mengkhawatirkan untuk melakukan cracking finger atau membunyikan jari.

nah itu tadi artikel tentang membunyikan jari, semoga bermanfaat

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *