DUA PUPIL DALAM SATU MATA?!? KELAINAN GAKBIASA PADA MATA MANUSIA

Hallo para pembaca yang GakBiasa, pernah ga kalian melihat orang yang punya mata berwarna biru? yaa, itu sudah umum sekali kita temukan pada orang-orang Barat maupun Eropa, tidak jarang sebagian penduduk Asia dan Afrika juga memiliki mata biru tersebut. Tapi bagaimana jika seandainya ada orang yang memiliki mata yang lebih unik lagi, seperti 2 pupil dalam satu mata?, kelainan itu disebut polycoria. Kali ini admin akan membahas tentang polycoria tersebut, yuk mari baca!

Dalam ilmu medis polycoria adalah suatu kondisi langka pada manusia yang mana pada mata orang tersebut memiliki lebih dari satu pupil. Polycoria sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu polycoria sejati (sesungguhnya) dan pseudopolycoria (polycoria semu). Pada dasarnya kedua jenis ini memiliki kesamaan yaitu kondisi yang mana penderita memiliki lebih dari 1 pupil dalam 1 mata, hanya saja pada polycoria sejati setiap pupil tersebut memiliki otot mata masing-masing yang dapat melebar dan menangkap cahaya secara terpisah. Efek dari kondisi ini dapat menyebabkan buruknya penglihatan karena terbaginya cahaya yang ditangkap mata, sehingga sedikitnya cahaya yang ditangkap mata membuat pandangan menjadi redup dan lebih kabur.

Untuk pseudopolycoria (polycoria semu), pada pupil tambahan tidak memiliki otot terpisah dengan pupil asli, sehingga tidak mempengaruhi penglihatan penderitanya, hanya kelainan penampilan saja pada matanya.




  • Apakah polycoria mengganggu penglihatan mata?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tergantung dari jenis yang mana polycoria yang diderita oleh orangnya. Jika pada mata anda terdapat polycoria sejati (sesungguhnya) maka proses penglihatan anda akan terganggu, karena pupil-pupil pada mata anda bekerja secara sendiri-sendiri sebab memiliki otot yang berbeda, sehingga cahaya yang masuk tidak sempurna dan menyebabkan penglihatan menurun.

Jika anda menderita pseudopolycoria (polycoria semu) maka tidak perlu terlalu pusing, karena sesuai namanya polycoria pada mata anda itu semu, hanya kelainan penampilan saja dan tidak mengganggu penglihatan penderita sama sekali.


  • Apa penyebab terjadinya polycoria?

Sampai saat ini masih belum diketahui apa penyebab utama polycoria. Ada beberapa penyakit lain yang disangkutkan sebagai penyebab terjadinya polycoria, yaitu kelaian/abnormal pada mata , katarak, masalah pada retina, glukoma dan perkembangan mata tidak sempurna semasa kecil.


  • Bagaimana cara menyembuhkan polycoria?

Sampai saat ini penderita polycoria masih sangat langka dan belum ada pengobatan khusus untuk menyembuhkannya. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan polycoria hanyalah melalui operasi pupilloplasty, yang mana cara ini merupakan cara terbaik untuk menyembuhkan penglihatan penderita polycoria.

Untuk penderita pseudopolycoria biasanya tidak mengeluh soal penglihatannya, sehingga tidak dibutuhkan penanganan khusus.


Jadi itu dia penjelasan dari admin mengenai polycoria, kita yang memiliki mata sehat seharusnya lebih bersyukur lagi dan selalu jaga kesehatan mata agar tidak terhidar dari penyakit-penyakit mata lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *