DISEBUT JUNK FOOD PADAHAL BERASAL DARI BAHAN DASAR YANG MENYEHATKAN, INI PENJELASANNYA!!

Hallo para pembaca yang GakBiasa, siapa yang suka makan makanan cepat saji seperti burger, fried chicken atau nasi goreng?. Yaa, semua makanan-makanan tadi merupakan makanan yang sangat lezat dan umum dikonsumsi oleh orang-orang. Tetapi apakah kalian tau bahwa makanan yang admin sebut tadi merupakan junk food, dan tidak baik untuk dikonsumsi secara rutin. Kali ini admin akan membahas mengenai junk food dan bagaimana bisa makanan tergolong menjadi junk food, yuk mari baca!


Junk food adalah penyebutan untuk makanan yang memiliki minim gizi yang terkandung. Selain minim gizi biasanya makanan junk food mengandung banyak lemak yang tidak baik untuk tubuh. Biasanya makanan junk food ini kerap dijumpai pada gerai-gerai fast food (makanan cepat saji) seperti McDonald’s, KFC, Pizza Hut, Burger King, dll.

Source Image

Sudah menjadi keseharian kita melihat orang mengkonsumsi junk food. Dikarenakan proses penyajiannya yang cepat dan rasanya yang lezat membuat sebagian orang lebih memilih untuk mengkonsumsinya karena tidak ada waktu untuk memasak makanan sendiri.


  • Apakah junk food dan fast food itu berbeda?

Masih banyak orang yang salah mengartikan junk food dan fast food menjadi satu kesatuan. Emang benar, kalian dapat menjumpai junk food pada gerai-gerai fast food, hanya saja fast food tidak selalu menghasilkan junk food, kita bisa mengambil contoh pada makanan sushi, dan salad. Kita tau kedua makanan ini merupakan makanan yang sehat dan baik untuk dikonsumsi. jadi bisa diartikan junk food itu makanan yang minim nutrisi/gizi untuk tubuh, sedangkan fast food adalah jenis makanan yang penghidangannya cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.


  • Apakah dampak buruk mengkonsumsi junk food secara berlebihan

Satu hal yang harus kita ketahui, semua hal yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, termasuk makan. Dampak buruk yang akan kita rasakan kedepannya jika rutin mengkonsumsi junk food mulai dari kenakian berat badan hingga bisa obesitas, kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung dan kerusakan hati.

Source Gambar

Jika memang ingin tetap mengkonsumsi junk food admin sarankan untuk tidak sering-sering. Untuk mengimbanginya kalian juga bisa mengkonsumsi buah dan sayuran agar asupan gizi pada tubuh tercukupi, serta dibarengi dengan olahraga yang teratur.


  • Dibuat dari bahan dasar yang menyehatkan, tetapi kenapa bisa menjadi junk food?

Kita semua tahu, mengkonsumsi gandum baik untuk tubuh, begitu juga keju, daging, dan sayur-sayuran. Tetapi saat diolah menjadi burger maka akan tergolong menjadi junk food, mengapa?. Proses pembuatannya yang membuat bahan-bahan di atas tadi menjadi junk food, mulai dari bahan dasar yang sudah tidak segar, penggunaan minyak yang berlebihan saat memasak dan porsi daging yang teralu banyak sehingga merusak batasan kalori yang diperoleh dari sekali makan. Tidak jarang kita menjumpai burger tanpa sayuran, hanya berisikan daging yang banyak dan beberapa irisan keju, sehingga kandungan gizi didalamnya tidak seimbang. Hal ini juga berlaku untuk jenis-jenis junk food lainnya seperti fried chicken, pizza, donat dan ice cream.

Sehingga admin bisa menarik kesimpulan, yang menyebabkan terciptanya junk food dikarenakan proses pengolahan bahan dasarnya yang mengakibatkan gizi tidak seimbang di dalam makanan tersebut. Sepert ice cream, donat dan minuman bersoda yang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, fried chicken dan burger dengan kandungan lemak yang berlebihan, serta beberapa jenis junk food lainnya.


Itu tadi penjelasan admin mengenai Junk food, dan kenapa dari bahan dasar yang segar dan menyehatkan bisa menjadi junk food. Konsumsilah makan secara tidak berlebihan, admin tidak melarang kalian untuk mengkonsumsi junk food, hanya saja kalian harus tau batas dalam mengkonsumsinya. Jangan lupa makan makanan sehat lainnya seperti buah dan sayuran agar tubuh tetap selalu sehat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *