DAMPAK NEGATIF MELIHAT GERHANA MATAHARI SECARA LANGSUNG

Gerhana adalah suatu fenomena alam yang terjadi ketika bula,bumi dan matahari berada pada garis yang sejajar .  Gerhana bulan adalah gerhana yang terjadi ketika bumi berada ditengah antara bulan dan matahari, sedangkan gerhana matahari adalah gerhana yang terjadi ketika bulan berada diantara matahari dan bumi. Pernah ngga kalian mendengar rumor-rumor bahwa melihat gerhana matahari bikin mata kita buta ? disini admin akan menguraikannya :

BACA JUGA : APA YANG ADA DI UJUNG PELANGI? TONG EMAS ATAU BIDADARI?!?

Pada saat gerhana matahari terjadi, suasana memang terlihat gelap dan membuat kita berpikir bahwa melihat matahari dengan mata secara langsung. Namun ini salah, melihat matahari secara langsung membawa dampak negatif bagi mata, hal ini karna sinar matahari yang dilihat sama saja dengan sinar matahari ketika dalam keadaan biasa.

Ketika melihat sinar matahari secara langsung tak ubahnya seperti melihat gerhana matahari, ini berdampak pada retina mata. Retina mata adalah organ tubuh yang berfungsi menampung cahaya untuk memungkinkan manusia untuk melihat. Kelebihan cahaya berbahaya bagi retina, banyak dampak negatif yang ditimbulkan.

  • RETINOPATI

Ketika teman-teman melihat gerhana matahari secara langsung bisa menyebabkan penyakit yang bernama retinopati. Retinopati adalah suatu gangguan mata yang terjadi akibat kerusakan retina. Gejalanya beragam diantarannya yang biasa nya sering dirasakan orang adalah titik hitam di pandangan kita.

Pernah kalian keluar rumah tengah hari, kemudian tiba-tiba masuk kedalam ruangan, dan tiba-tiba pandangan menjadi gelap atau terdapat seperti ada titik hitam pada pandangan kita.  Hal ini merupakan gejala retinopati, hal ini karna teman-teman terlalu lama diluar melihat sinar matahari sehingga menganggu retina mata anda.

Biasanya kejadian ini tidak berlangsung lama, ditunggu sebentar maka hal tersebut akan hilang, ini karna retina kembali beradaptasi dengan cahaya yang diterima di lingkungan sekitar.

GERHANA MATAHARI

GERHANA MATAHARI

  • MENGAKIBATKAN KEBUTAAN

Bila dikatakan dampak negatif dari melihat gerhana matahari secara langsung dapat menyebabkan kebutaan ? jawabannya bisa terjadi. Hal ini dikarenakan Gangguan Retinopati dapat menyebabkan kebutaan.  Ada beberapa kasus terkenal terkait retinopati, seperti kasus Isaac Newton, dikarnakan beliau melihat sinar matahari secara langsung. Dampak negatifnya beliau tidak bisa melihat selama 3 hari, dan merasakan after image selama beberapa bulan.

Pada tahun 1999, pada kasus gerhana matahari di eropa hampir 45 orang mengalami gejala retinopati, setelah diselidiki ternyata mereka memiliki satu hal yang sama, yaitu melihat gerhana matahari secara langsung.

Nah ternyata benar teman-teman bahwa jika melihat gerhana matahari secara langsung dapat menyebabkan kebutaan, jadi jangan melihatnya secara langsung ya, selalu terapkan prosedur yang benar kita ingin melihat gerhana matahari, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *