Benarkah orang dulu tinggi dan berumur panjang ?

Mungkin kita sering bertanya mengapa ya orang dulu tinggi dan umur nya panjang ? pertanyaan ini agaknya sering kita dengar bagi orang-orang yang penasaran tentang segala sesuatu yang ada di dunia ini. Namun apakah benar ini faktanya ? yakinkah apakah ini bukah hanya rumor semata . oleh karna itu kali admin berusaha menelusuri hal tersebut dan mendapatkan data sehingga terciptalah artikel ini untuk share informasi yang admin dapatkan. Penasaran ? kuy simak

BACA JUGA : Ngilu ketika dengar styrofoam digesek ? ini alasannya

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGGI BADAN DAN USIA

Tahukah teman-teman bahwa tinggi rata-rata setiap orang itu berbeda. Perbedaan tersebut tergantung oleh banyak hal, ada iklim, cuaca, genetic, makanan dan lingkungan. Semua hal tersebut mempengaruhi pertumbuhan dan usia seseorang. Mari kita bahas satu persatu secara garis besar

  • Makanan

Makanan dikatakan mempengaruhi tinggi badan seseorang, hal ini dikarnakan kandungan gizi yang diterima. Orang yang makan makanan yang penuh dengan gizi, semua kandungan lengkap baik karbohidrat, protein dan lemak terpenuhi maka kemungkinan besar akan berbadan atau berpostur tinggi. Tak heran kita dicanangkan pola makanan 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna  artinya adalah memastikan makanan kita terdiri dari hal ini. Adapun intinya ialah makanan pokok baik itu nasi, ubi atau apapun itu, lauk pauk seperti daging, ikan kemudian sayuran dan buahan. Lengkapi dengan susu sebagai penutup dari 5 sempurna tadi. Jika gizi kita baik, nutrisi cukup maka umur yang panjang tentu akan mengikuti.

makanan 4 sehat 5 sempurna
makanan 4 sehat 5 sempurna (Image Source)
  • Lingkungan

Kenapa lingkungan berpengaruh ? hal ini karna lingkungan berimbas pada pola hidup. Sebagai contoh, kalian lahir di sebuah pedesaan dimana rata-rata mereka bertani. Kehidupan bertani aktif dalam menggerakkan tubuh karna memang pekerjaannya membutuhkan hal tersebut. pergerakan tadi menjadi olahraga yang membantu pertumbuhan. Selain itu mereka pasti mendapatkan matahari pagi. Semua anugrah gratis yang kaya akan vitamin D dan E.

Lingkungan yang bebas dari polusi dan memiliki udara yang segar cenderung mempengaruhi pertumbuhan. Mereka yang sejak lahir terkena polusi dan zat-zat lainnya akan mengalami perlambatan karna zat tersebut tercampur dan menghambat pertumbuhan. Maka tak jarang ada yang bahkan terkena penyakit karna berada pada lingkungan yang tercemar.

  • Genetik

Mungkin ini sedikit sulit diterima, namun Genetik memang memiliki peranan yang sangat besar disini. Genetik ini bisa kita anggap seperti bibit di tumbuhan. Kualitas super atau tidak, seperti itu. Tentu saja jika kalian berolahraga dan memiliki pola hidup yang baik kalian akan tinggi, namun kalian tetap akan kalah dengan orang memang genetiknya tinggi dan memiliki pola hidup sehat yang sama. Berdasarkan rumus mencari tahu maksimal tinggi badan seseorang, tinggi orang tua ditambah 10 cm, itulah tinggi maksimal anaknya. Rumus itu berlaku untuk rata-rata, tentu saja ada beberapa orang yang tingginya lebih dari rumus tersebut.

  • Pola Hidup

Jika kita katakan bahwa genetik adalah bakat, pola hidup adalah usaha. Bakat tanpa usaha adalah sia-sia. Hal ini karna mereka yang memiliki pola hidup yang sehat, tidur cukup, tidak bergadang, rajin berolahraga akan memiliki ketahanan dan tubuh yang bagus. Sebagai contoh apakah ada orang yang tiba-tiba badannya six pack  ? tidak, kecuali lingkungannya berada di pekerjaan fisik yang keras. Six pack hanya didapat jika kalian berolahraga, begitu juga dengan tinggi. Susunan tulang menjadi lebih padat, terhindar dari berbagai penyakit dan optimal dalam pertumbuhan.

Mereka yang memiliki pola hidup yang baik akan terhindar dari penyakit, imun tubuh mereka kuat. Hal ini tenting meningkatkan peluang mereka untuk hidup dengan usia yang panjang. Ya walaupun usia merupakan takdir dari tuhan, setidaknya kita berusaha.

ilustrasi berumur panjang
ilustrasi berumur panjang (Image Source)

BENARKAH ORANG DULU TINGGI DAN BERUMUR PANJANG ?

Pernyataan ini sebenarnya masih diragukan, kenapa ? karna ada 2 hal yang berbeda saat ini. Pertama,Berdasarkan penelitian yang dilakukan, orang zaman dulu tidak berumur panjang dan tingginya juga normal seperti masyarakat pada zaman ini.  Jangankan untuk hidup ratusan tahun, mereka hidup jarangan mencapai generasi ke tiga. Rata-rata mereka meninggal di generasi ke dua. angka kematian mereka cenderung tinggi karna teknologi kedokteran belum semaju seperti saat ini.

Kedua, jika mengikut alquran dan kitab lainnnya, dijelaskan berdasarkan suatu hadist bahwa umur nabi adam mencapai 60 hasta. Sedangkan nabi adam A.S adalah nabi pertama kita, jelas hal ini benar adanya. Banyak jejak-jejak tapak kaki yang dikatakan merupakan tapak kaki nabi adam A.S. jika berdasarkan alquran dan hadist tentu sebagai umat beragama kita harus meyakini hal tersebut dan tidak ada keraguan daripadanya.

Lantas bagaimana ? menurut admin ada 3 kemungkinan, pertama zona waktu zaman dahulu berbeda dengan sekarang, hal tersebut mempengaruhi cara menghitung harinya. Kedua adalah cara mendefenisikan. Banyak pendapat jika tinggi tersebut hanya ketika berada di surga, namun ada juga yang mengatakan bahwa itu memang tinggi nabi di dunia. Yang ketiga adalah ilmu kita saat ini tidak mencapai hal tersebut atau bukti masih belum ditemukan tentang fakta yang ada.

Silahkan teman-teman menilai.  itulah pembahasan mengenai benarkah orang dulu tinggi dan berumur panjang, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *