APA YANG ADA DI UJUNG PELANGI? TONG EMAS ATAU BIDADARI?!?

Halo para pembaca yang GakBiasa, saat kalian masih kecil pasti kalian sering berfikir, dimanakah ujung pelangi itu berada?, bahkan sebagian kalian pasti pernah mendengar cerita jika di ujung pelangi terdapat gentong berisi emas atau bidadari yang lagi mandi. Kali ini admin akan menjelaskan tentang apa itu pelangi, dan di manakah letak ujung pelangi itu berada, yuk mari baca!


Pelangi adalah sebuah ilusi optik yang muncul akibat pembiasan cahaya matahari oleh butiran-butiran air. Hal ini kerap kita jumpai disaat selesai hujan dan matahari muncul kembali sehingga cahaya yang akan sampai ke permukaan tadi terbiaskan oleh butiran-butiran air yang masih berada di udara dan menyebabkan terciptanya spektrum warna pelangi.



  • Kenapa pelangi ada 7 warna?

Pada dasarnya matahari yang menjadi sumber cahaya pelangi terdiri dari gabungan banyak cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda (biasa disebut dengan cahaya polikromatik), hanya saja mata manusia hanya bisa menangkap beberapa warna dari cahaya matahari yang ada yaitu: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.


  • Kenapa pelangi terlihat hanya setengah lingkaran?

Salah satu sifat dari cahaya yaitu selalu merambat lurus, tetapi hal itu tidak terjadi dengan pelangi. Hal itu terjadi karena banyaknya butiran-butiran air yang ada di udara memantulkan cahaya matahari, sehingga akan terjadilah pembengkokan cahaya yang membentuk lingkaran.



Sebenarnya pelangi itu terlihat seperti lingkaran penuh, hanya saja kita cuma bisa melihatnya dari sudut 43 derajat karena keterbatasan jarak pandang mata kita melihat cahaya. jika kita ingin melihat pelangi dengan lingkaran sempurna kita bisa melihatnya dari udara atau tempat yang sangat tinggi, dan pelangi lingkaran penuh bisa kita lihat juga pada daerah sekitar bulan saat malam hari.


  • Jadi apa yang ada di ujung pelangi?

Seperti penjelasan sebelumnya, pada dasarnya bentuk pelangi itu adalah lingkaran sempurna, tetapi karena keterbatasan jarak pandang manusia sehingga pelangi terlihat seperti setengah lingkaran yang memiliki ujung. Tetapi ada juga sedikit dari orang yang bisa melihat ujung dari pelangi ini, dan ternyata fenomena ujung pelangi yang menyentuh tanah terjadi akibat sisa-sisa badai yang terjadi di area tersebut dan hal ini merupakan fenomena yang sangat langka.


Jadi itu tadi sobat, penjelasan tentang pelangi dan apa yang ada diujungnya. Dengan penjelasan tadi admin harap kalian tidak mengandai-andai untuk menemukan tong emas ataupun bidadari yang lagi mandi di ujung pelangi yaa, hehehehe.

3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *