APA ITU TELUR INFERTIL ? DAN CARA MEMBEDAKANNYA

Akhir-akhir ini sering diberitakan mengenai telur infertil setelah dijumpai adanya penjual yang menjual telur infertil di tasikmalaya tepatnya di pasar cikurubuk. Mengapa telur ini sering diberitakan ? apakah telur infertil itu berbahaya ? simak artikel ini untuk penjelasan lebih lengkap

  • Telur Infertil

Sederhananya telur infertil adalah telur yang gagal menjadi ayam. Telur ini memang disiapkan untuk menjadi anak ayam guna kebutuhan daging ayam atau pembibitan. Untuk sekedar informnasi dalam industri telur, telur dibagi menjadi 2, telur konsumsi dan telur tertunas. Telur tertunas adalah telur yang dibuahi oleh pejantan dengan tujuan untuk menghasilkan anak ayam. Telur tertunas tersebut kemudian dilakukan pengeraman untuk waktu tertentu, biasanya 21 hari. Namun ketika waktunya tiba, tidak semua telur menjadi anak ayam, ada yang Bagal, nah telur gagal menjadi anak ayam inilah yang disebut sebagai telur infertil.

  • Apakah Telur Infertil Berbahaya ?

Apakah telur infertil berbahaya ? bisa berbahaya bisa tidak, kenapa ? karna telur infertil sejatinya bukan ditujukan untuk konsumsi, ini dikarenakan telur infertil telah mengalami proses pengeraman cukup lama yang mana mengakibatkan kualitas dari telur tadi telah menurun, berbeda hal dengan telur konsumsi karna memang ketika telur tersebut dihasilkan, langsung di kumpulkan untuk dijual. Telur infertile dilarang untuk dijual belikan selain karena faktor kualitas dari telur, penjualan telur infertil dapat mempengaruhi harga jual telur konsumsi. Ini diakibatkan kama harga dari telur infertil dijual murah.

TELUR
TELUR
  • Beda Telur Infertil dan Telur Konsumsi

Dikutip dari kompas, untuk bagian luar dari telur sangat sulit untuk dibedakan, hanya saja biasanya kulit telur berwarna sedikit lebih pucat dibandingkan dengan telur konsumsi. Untuk isi telunya sendiri, biasanya telur infertil memiliki titik merah di kuning telurnya sedangkan telur konsumsi tidak ada titik merah tersebut.

Nah itu tadi beberapa penjelasan mengenai telur infertil, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan bisa dipahami oleh pembaca gakbiasa.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *