Apa Itu Bitcoin dan Kegunaannya

Apa Itu Bitcoin dan Kegunaannya – Baru-baru ini terdapat berita yang mengejutkan di bidang Cryptocurrency. Hal ini dikarnakan Elun Musk membeli Bitcoin sebanyak 21T sehingga membuat harga Bitcoin Melambung Tinggi.

Bitcoin dianggap memiliki sebuah potensi dimasa yang akan datang dan banyak orang yang melakukan investasi. Hal ini tidak lepas dari sifat Bitcoin ini sendiri. Untuk Lebih Jelasnya, berikut penjelasan mengenai Apa Itu Bitcoin dan Kegunaannya

Apa Itu Bitcoin ?

Bitcoin adalah Mata Uang Virtual yang tidak terikat oleh bank atau pemerintah manapun. Bitcoin dikenalkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Mata Uang ini termasuk kedalam salah satu Cryptocurrency yang memiliki sifat unik dibanding mata uang tradisional. Sifat tersebut yaitu adalah mata uang ini bersifat Peer-to Peer terdesentralisasi. Maksudnya adalah Bitcoin tidak menggunakan sistem penyimpanan data (database) dan administrasi secara terpusat.

Hal inilah yang membuat Bitcoin istimewa. Dengan sifat tersebut Bitcoin menjadi alat transaksi yang mudah untuk digunakan. Ketidakterikatan dengan lembaga apapun serta keamanan dasar yang cukup kuat membuat popularitas bitcoin semakin meningkat.

Kegunaan Bitcoin

Bitcoin digunakan sebagai alat transaksi yang memberikan kemudahan. Selain sebagai alat transaksi, Bitcoin dijadikan sebagai media investasi. Hal ini karna Bitcoin dianggap sangat potensial dan diprediksi akan menggantikan sistem keuangan konvensional saat ini.

Di beberapa negara telah melegalkan Bitcoin. Negara-negara tersebut adalah Jepang, Singapura, Italia, Australia, Inggris dan Juga Amerika. Namun kehadiran Bitcoin tidak menggantikan posisi mata uang di negara tersebut melainkan sebagai alat tukar alternatif.

Bitcoin juga dapat dikirim ke pengguna lainnya yang menggunakan digital wallet tertentu begitu pun sebaliknya.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan Bitcoin. Cara mendapatkan Bitcoin Gratis pun tersedia, berikut beberapa cara mendapatkan Bitcoin :

  1. Afiliasi. Teknik ini mungkin tidak asing bagi kita dan kerap didengar. Afiliasi adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Bitcoin menggunakan afiliasi sebagai salah satu cara untuk melakukan promosi. Tentu saja Afiliasi akan dilakukan jika memiliki platform yang terkenal sehingga berdampak terhadap penggunaan bitcoin itu sendiri.
  2. Mining Bitcoin. Cara berikutnya tidak serta merta gratis. Cara ini memerlukan Hardware yang cukup kuat untuk melakukan pemrosesan. Hardware tersebut melakukan pencarian dan memecahkan blok baru dengan menggunakan algoritma tertentu.
  3. Trading. Sebagai Alat investasi, Bitcoin banyak digunakan di Dunia Trading. Bahkan Bitcoin dijadikan sebagai hadiah dari sebuah pertandingan.

Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin

Setiap hal termasuk Bitcoin memiliki kelebihan dan tentu saja kekurangan. Berikut beberapa point terkait plus dan minusnya Bitcoin :

Kelebihan Bitcoin

  1. Memiliki Potensi yang Besar untuk digunakan secara luas
  2. Memudahkan Seluruh Proses Transaksi
  3. Tidak Terikat dengan Bank ataupun Negara Tertentu

Kekurangan Bitcoin

  1. Harga Fluktuatif. Harga Bitcoin berdasarkan banyaknya pengguna dari Bitcoin ini sendiri.
  2. Masih belum digunakan secara Luas untuk saat ini