Taukah Kenapa Sidik Jari itu Unik ?

Taukah kalian kenapa sidik jari itu unik ? sidik jari setiap orang itu berbeda-beda, hal ini membuat sidik jari dapat digunakan sebagai pengenal seseorang. Sidik jari di zaman sekarang banyak digunakan sebagai cara untuk mengenali suatu identitas, sebagai contoh untuk kunci handphone. Handphone merupakan privasi seseorang dimana didalamnya terdapat beragam informasi. Nah untuk itu dibuatlah sebuah pengaman dimana hanya yang memiliki yang bisa membuka handphone tersebut. Seiring berjalannya zaman dan teknologi, kunci handphone mulai dibuka dengan sidik jari dan terbukti hal itu menjadi kunci yang hampir tidak bisa dibuka oleh orang lain.

Sidik jari sendiri bisa digunakan untuk hal lain seperti membuka kunci pintu dan sebagainya yang berhubungan dengan pengamanan. Hal ini tentu didasari karna sidik jari seseorang itu berbeda satu sama lain. Lantas pernahkah kalian bertanya kenapa sidik jari ini berbeda pada setiap orang ? nah kali ini gakbiasa.com akan membahas tentang hal ini, simak ya :

BACA JUGA : Alasan Kenapa Kita Suka Lupa Mau Bicara Apa !

ASAL SIDIK JARI

Sidik jari sebenarnya berasal dari salah satu lapisan kulit yang tumbuh lebih cepat dibanding kulit lainnya. Untuk informasi lapisan kulit terbagi menjadi 3, lapisan kulit luar disebut dengan epidermis, lapisan kulit tengah disebut basal dan lapisan kulit dalam disebut dengan dermis. Nah normalnya lapisan kulit itu tumbuh secara bersamaan, namun khusus pada ujung jari salah satu lapisan kulit tumbuh lebih cepat sehingga menarik lapisan kulit lain dan membentuk tonjolan-tonjolan yang unik dan berbeda.

sidik jari
sidik jari (Image Source)

Ya kalau kita jelasin secara sederhananya salah satu lapisan kulit memaksa lapisan kulit lainnya sehingga membentuk kerutan dan tonjolan yang membentuk pola tertentu

READ  DUA PUPIL DALAM SATU MATA?!? KELAINAN GAKBIASA PADA MATA MANUSIA

KENAPA UNIK ?

Alasan kenapa sidik jari itu unik adalah karna sidik jari dibentuk berdasarkan berbagai aspek dan setiap aspek mempengaruhi pola dari sidik jari tersebut. Proses tersebut dimulai ketika seseorang masih berstatus sebagai janin tepatnya pada bulan ke 4 atau minggu ke 10. Kulit basal pada ujung jari lebih dulu terbentuk sehingga menarik dan mempengaruhi pertumbuhan lapisan kulit lainnya.

Nah kulit tersebut tumbuh diatas bantalan valor dimana ukuran bantalan ini mempengaruhi bentuk dan pola dari sidik jari. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan sidik jari ini berbeda adalah faktor lingkungan. Maksudnya disini adalah faktor lingkungan ketika berada didalam janin. Tingkat aktifitas dan kandungan cairan dalam janin mempangaruhi bentuk dari sidik jari.

POLA SIDIK JARI

Mungkin hal ini baru kalian tau, ternyata sidik jari itu memiliki 3 pola secara umum. Hal itu adalah loop, arch dan whorl. Masing-masing pola terbentuk karna berbagai hal. Sebagai contoh pola loop akan membentuk seperti bulatan-bulatan dan begitu seterusnya yang kalian bisa lihat sesuai gambar.

pola sidik jari
pola sidik jari (Image Source)

KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah setiap orang memang memiliki sidik jari yang berbeda. Alasannya karna sidik jari ini dibentuk dan dipengaruhi oleh berbagai aspek dan hal. Sidik jari terbentuk secara garis besar menjadi 3 pola utama yaitu loop, arch dan whorl dimana pola tersebut tercipta karna permasalahan salah satu lapisan kulit yaitu kulit basal tumbuh lebih cepat dibanding kulit lainnya. Hal ini memicu penarikan kulit lain dan terus melebar sehingga membentuk pola unik yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Nah sekian informasi kali ini, semoga kalian mengerti apa yang admin tuliskan, semoga bermanfaat dan terima kasih.

READ  TANZANIA STONE, BATU YANG MEMBUAT ANDA MENJADI MILIARDER DALAM SEHARI !!!

One thought on “Taukah Kenapa Sidik Jari itu Unik ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *