ALASAN PETIR CENDERUNG MENYAMBAR POHON

Hallo para pembaca gakbiasa.com, kali ini admin bakal bahas tentang salah satu pertanyaan populer tentang petir. Alasan mengapa petir cenderung menyambar pohon, yap itulah yang kali ini admin akan bahas.

Petir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi. Petir terjadi umumnya sesudah hujan, walaupun sebenarnya petir juga dapat terjadi ketika cuaca tidak hujan. Ketika fenomena ini terjadi, kita dianjurkan untuk mencari tempat-tempat yang aman.

Petir merupakan kilatan yang kita lihat ketika sesudah hujan. Bedakan antara petir dan guruh. Petir adalah kilatan itu sendiri sedangkan Guntur adalah suara yang dihasilkan ketika petir menyambar.terkadang kita suka menyamakan antara petir dan Guntur sedangkan keduanya merupakan hal yang berbeda.

Tempat aman tersebut dapat meliputi di dalam rumah, atau semisal dalam keadaan bepergian berteduhlah diteras-teras toko, ini menghindarkan dari terkena petir secara langsung.

Umumnya petir tidak menyambar rumah, namun bukannya tak mungkin petir tidak menyambar sebuah rumah.  Petir seringkali menyambar pohon atau wilayah kosong seperti lapangan, sawah atau sejenisnya. Lantas pasti timbul pertanyaan bagi teman-teman mengapa ini terjadi :

BACA JUGA : FENOMENA PELANGI

  • ALASAN MENGAPA PETIR MENYAMBAR POHON

Sebelum admin beritahukan alasannya, lebih baik kita mengetahui mekanisme petir menyambar. Ketika petir terjadi, secara alami petir akan mencari tanah untuk melepaskan energinya. Energy yang dihasilkan petir sangat luar biasa. Dalam fakta terbaru tentang listrik dijelaskan bahwa energy  dari arus listrik yang dihasilkan petir sampai dengan 1,3 Miliar Volt. Hal ini dibuktikan pada tanggal 1 Desember 2o14, Tim Ilmuwan mengukur tegangan yang dihasilkan Oleh petir.

pohon terkena petir
pohon terkena petir (source)

Kembali ke topik sebelumnya mengenai jalur petir. Jalur petir merupakan kemungkinan besar dimana petir akan menyambar. Jalur petir dipengaruhi oleh wilayah-wilayah yang memiliki unsur konduktor tertinggi.

Pernyataan ini tentu membingungkan , ada juga fakta lain yang menyebutkan bahwa petir suka menyambar tempat yang tinggi. Hal ini benar. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa banyak aspek yang mempengaruhi jalur petir dan mengapa petir tidak hanya menyambar pohon. Alasan logisnya adalah tempat tertinggi adalah tempat terdekat bagi petir untuk mencapai ground. Petir yang berisikan muatan negatif akan mencari muatan positif dan secepatnya akan melepaskan energy tersebut.

Sedikit demi sedikit mindset mengenai jalur petir mulai terbentuk, lantas untuk alasan mengapa pohon menjadi tempat yang sering disambar petir adalah pohon mengeluarkan ion positif dan wilayah yang terdapat pohon biasanya sedikit halangan.

Nah kali ini kita bahas tentang aspek lain tentang jalur petir, halangan juga merupakan salah satu faktornya, mengapa ? petir sama layanya listrik, ia akan mengalir melalui bahan yang bersifat konduktor. Diperumahan terdapat banyak halangan atau semacam resisten terhadap petir.bangunan rumah tidak sepenuhnya konduktor terdapat kayu, dinding yang semuanya merupakan isolator. Namun seperti yang dijelaskan bukan tidak mungkin rumah akan terkena petir, hanya saja peluangnya kecil. Hal ini juga menjawab fakta tentang mengapa petir sering menyambar tanah lapang, hal ini karna halangan disana kecil.

Setelah mengetahui aspek jalur petir setidaknya kita tau sekarang alasan petir cenderung menyambar pohon. Pohon memiliki ketiga aspek yang kita sebutkan sebelumnya, walaupun masih ada beberapa aspek lain yang belum disebut.

Pertama pohon jauh lebih tinggi dari benda atau apapun disekitarnya, hal ini mendukung aspek pertama dimana petir akan mencari objek terdekat.

Kedua pohon bersifat konduktor, pohon mengeluarkan ion-ion positif yang menyebabkan pohon menjadi konduktor dan pilihan yang tepat bagi petir untuk menyambar.

 Ketiga pohon yang dimaksud disini adalah pohon-pohon yang berada di tanah lapang atau hutan, hal ini menjawab mengapa lapangan sering juga terkena petir.

 Itulah  alasan petir cenderung menyambar pohon. Jadi bagi teman-teman yang hiking atau membuat tenda di hutan ketika ada kegiatan alam, ketika cuaca mulai mendung atau terlihat ada gejala-gejala petir akan muncur diharapkan mampu mengambil keputusan yang tepat. Keputusan itu adalah tidak berteduh dibawah pohon, jika memang terdesak carilah pohon terendah. Kalau bisa carilah lereng atau lembah atau daratan rendah sehingga dapat meminimalkan kemungkinan tersambar petir.

Semoga ilmu yang diberikan admin dapat bermanfaat, Terima Kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *