Alasan Kenapa Sering Menggerakkan Kaki Tanpa Sadar

menggerakkan kaki secara tanpa sadar ketika tidur atau duduk merupakan hal umum yang terjadi di keadaan sekitar kita. terkadang mereka menggerakkan kaki mereka ketika lagi duduk santai sambil mengerjakan sesuatua atau malah bisa juga ketika mereka tidak melakukan apapun dan merasa bosan.

Adakah yang berpikir kenapa ini bisa terjadi, apa ini hanya sekedar kebiasaan atau boleh jadi penyakit. kalau misalnya kebiasaan, darimanakah kebiasaan ini berasal dan jika ini penyakit apa yang menyebabkan terjadinya penyakit ini.

untuk menjawab hal itu, admin gakbiasa.com pun mencoba untuk membuat artikel mengenai alasan kenapa kita sering menggerakkan kaki tanpa sadar. admin akan coba jelaskan sesuai dengan kemampuan admin dan gaya bahasa yang mudah dipahami. simak artikelnya :

menggerakkan kaki santai
menggerakkan kaki santai (Image Source)

BACA JUGA : Efek Samping Membunyikan Jari

PENYEBAB

Pertama kita mulai dari penyebab hal ini. Ternyata hal ini bisa disebabkan oleh kedua faktor yang tadi kita sebutkan. Menggerakkan kaki bisa terjadi karna faktor kebiasaan. Kebiasan tersebut didapat dari melihat orang-orang di sekitar kita seperti teman dekat ataupun orang tua. Otak secara tidak sadar merekam perbuatan tersebut dan mencoba melakukannya. Sebagai contoh seperti ini, ketika teman anda suka berbicara kotor dan anda suka mendengarkan dia bicara, lama kelamaan gaya bahasa anda akan terbawa seperti itu.

Selain hal itu, jika dipandang dari aspek psikologi, mengerakkan kaki ketika duduk ataupun tidur mengindikasikan bahwa anda sedang stress tatau gelisah. Menggerakkan kaki adalah respon tubuh untuk menenangkan anda, setidaknya dipikiran alam bawah sadah anda dengan menggerakkan kaki anda dapat berpikir dengan tenang. Selain itu bisa jadi dengan menggerakkan kaki anda merasa lebih berkonsetrasi dan fokus mengerjakan sesuatu. Itu semua penyebab yang mungkin terjadi ketika dipandang dari aspek psikologi.

Jika dipandang dari sisi kesehatan atau penyakit, boleh jadi anda menderita suatu penyakit. Ada beberapa macam penyakit yang gejalanya menggerakkan kaki, admin akan berusaha merakum beberapa penyakit tersebut sehingga anda bisa menilai apa penyebab anda menggerakkan kaki.

  1. RLS

Penyakit pertama yang gejalanya menggerakkan kaki adalah RLS. Apa itu RLS ? RLS adalah singkatan dari Restless Legs Syndrome . penyakit ini merupakan keadaan dimana anda tidak nyaman atau merasa rishi ketika kaki atau tangan anda tidak bergerak. Namun jangan khawatir, jika anda bisa menghentikan pergerakan kaki atau tangan anda secara sadar  dan tidak merasa risih akan hal tersebut, berarti anda tidak terkena sindrom ini.

Ilustrasi Restless Leg Syndrome
Ilustrasi Restless Leg Syndrome (Image Source)
  • ADHD

Penyakit berikutnya adalah Attention Deficit Hyperactivity. Penyakit ini adalah keadaan dimana kita merasa sangat gelisah ketika badan kita tidak bergerak. Harus selalu ada yang digerakkan dan tidak boleh diam. Nah menggerakkan kaki termasuk gejala tersebut.

Selain ketiga penyakit tersebut, ada beberapa tambahan yang mengakibatkan kita menggerakkan kaki secara tidak sadar. Merasas kebelet atau sesak pipis akan membuat kita merasa gelisah sehingga terkadang kita menggerakkan kaki secara tidak sengaja. Meminum kopi atau alcohol juga bisa berakibat demikian.

BAHAYAKAH ?

Penejelasan berikutnya adalah apakah bahaya melakukan hal tersebut. Jawabannya adalah secara garis besar tidak berbahaya, namuin menggerakkan kaki terkadang membuat orang disekeliling merasa risih. Kalian pasti pernah mengalami ketika masih disekolah. Ketika hendak menulis, kalian kebingungan karna mejanya bergetar-getar. Kejadian tersebut kemungkinan besar adalah teman sebangku anda sedang menggerakkan kaki nya terlebih jika pada dasarnya meja tersebut goyang akibat topangan yang tidak stabil, efek guncangan akan lebih terasa.

Melihat keadaan tersebut terkadang membuat orang disekitar kita merasa harus menghentikan hal tersebut. Hal ini terjadi karna mereka merasa tidak nyaman. Hal ini menjadi berbahaya ketika sudah masuk kedalam fase yang lebih dalam. Seperti terkena penyakit yang tadi disebutkan. Dengan terkena penyakit tersebut berarti menandakan bahwa kalian harus pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Nah itu tadi artikel tentang alasan kenapa kita sering menggerakkan kaki tanpa sadar. Terima kasih dan semoga bermanfaat

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *