5 TEKNOLOGI CANGGIH ZAMAN DULU YANG BERASAL DARI INDONESIA, GAKBIASA.COM

Hallo Sobat Gakbiasa.com Apa Kabarnya hari ini? semoga Sehat Selalu yah Sobat. Naaaah, kali ini Gakbiasa.com punya artikel tentang “TEKNOLOGI CANGGIH PADA ZAMAN DAHULU YANG ADA DI INDONESIA” nih Sobat, dan Bahkan Masih Eksis sampai saat ini loh, Yuk Langsung aja disimak :

  1. RUMAH TAHAN GEMPA, RUMAH GADANG – SUMATERA BARAT.
Rumah Gadang

Pada bidang Arsitektural, ternyata nenek moyang kita pada waktu itu juga sudah berhasil menciptakan teknologi canggih rumah tahan gempa loh Sobat Gakbiasa.com.

Hal ini dibuktikan lewat konstruksi Rumah Gadang khas orang Minang di Sumatera Barat yang dirancang untuk bisa tahan dari guncangan gempa bumi bahkan hingga berkekuatan 8 SR. waaah Gakbiasa banget ya!.

Tidak seperti rumah pada umumnya, rumah Gadang nggak menggunakan paku sebagai pengikatnya melainkan menggunakan pasak yang terbuat dari Kayu/Bambu.

Selain itu, bangunan rumah ini juga nggak dibangun langsung menyentuh tanah tapi menggunakan tapak tiang yang dialasi dengan batu.

Inovasi ini membuat rumah Gadang bersifat lentur dan tetap stabil meskipun menerima guncangan gempa bumi yang cukup kuat.

Hebatnya laginih Sobat, menurut ahli konstruksi dari Lembaga Penanggulangan Bencana Alam, konstruksi rumah Gadang ini jauh lebih maju setidaknya 3000 tahun dibanding konstruksi bangunan pada zamannya tersebut.

Rumah Gadang pertama kali dibangun pada abad ke-2 masehi, Hmm Gakbiasa dan Keren baget yah Teknologi nenek Moyang kita yang satu ini Sobat, Semoga Rumah Gadang tetap terjaga kelestariannya yah Sobat.

2. Candi Borobudur
Mungkin Sobat Gakbiasa.com udah gaasing lagi dengan Candi yang satu ini yah, Candi Borobudur terkenal akan Kecanggihan Teknologi dalan Arsitekturalnya Juga loh sobat.

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan bangunan candi yang diperkirakan dibangun oleh para penganut Agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Tidak hanya menjadi tempat wisata, candi Borobudur juga menjadi salah satu contoh nyata kecanggihan teknologi dan arsitektur Indonesia pada zaman dahulu.

Sulit dibayangkan bagaimana nenek moyang kita bisa membangun candi Borobudur dengan begitu megah dan kokoh hanya dengan bahan baku batu.

Bahkan, dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, belum tentu bisa membangun sebuah candi yang menyerupai Borobudur. wah Keren dan Gakbiasa banget yah Sobat.

3. Si GALE-GALE, Teknologi Robot asli Indonesia.

Si Gale-Gale

Selain menjadi salah satu Kearifan Budaya Lokal di Negara Indonesia, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bahwa sebenarnya di Indonesia sendiri Robot sudah ada sejak Zaman Purbakala dulu Sobat.

Robot tradisional yang menyerupai boneka ini diberi nama si gale-gale. Sejak zaman dahulu, si gale-gale digunakan oleh masyarakat Toba di Sumatra Utara sebagai salah satu bentuk pertunjukan kesenian tradisional.

Teknologi robot tradisional yang memiliki tinggi hampir satu setengah meter ini digerakkan dengan menggunakan sistem tali yang menyambung.

Tali tersebut nantinya dapat ditaraik ulur sehingga si gale-gale dapat membungkuk, menggerakkan kepala, bahkan menggerakkan kedua tangannya layaknya seorang manusia yang sedang menari.

Tidak hanya itu saja, robot tradisional ini juga dipakaiakan sebuah kostum tradisional Adat Batak.

Penemuan ini membuktikan bahwa nenek moyang kita pada zaman dahulu sudah mampu menciptakan boneka mekanikal atau robot meskipun masih dalam bentuk yang sangat sederhana sobat.

Si gale-gale pertama kali dibuat pada tahun 1930. Si gale-gale juga mempunyai Kisah tersendiri yang penuh Misteri loh sobat, hmm mungkin di lain waktu akan Gakbiasa.com buatin Artikel tentang Si gale-gale ini yah Sobat…

4. KARINDING, TEKNOLOGI PENGUSIR HAMA DENGAN MEDIA GELOMBANG SUARA.

Alat Musik Karinding

Teknologi zaman dulu yang satu ininih Sobat Gakbiasa.com , selain merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari tanah Sunda, Karinding juga digunakan sebagai Media untuk mengusir Hama.

Karinding dibuat menggunakan bahan dasar Pelepah Kawung atau Bambu berukuran 20 x 1 cm yang dipotong menjadi tiga bagian.

Ketika ditiup, teknologi pengusir hama ini mampu menghasilkan frekuensi gelombang suara low decibel yang cukup menyakitkan ketika diterima oleh pendengaran hama sehingga akan pergi menjauhi pusat suara tersebut.

Ternyata untuk membuat teknologi canggih yang satu ini dibutuhkan kemampuan perhitungan yang penuh ketelitian loh Sobat!

5. KERIS ( TEKNOLOGI PENEMPAHAN PADA LOGAM).

KERIS

Hmmm untuk Teknologi yang terakhir ini Sobat Gakbiasa.com pasti udah Gaasing lagi yah Pastinya.. Selain dikaitkan dengan salah satu Benda yang Mengandung Unsur Magis dan Juga Senjata yang digunakan pada Zaman Kerajaan-kerajaan dulu nih, ternyata Keris ini Merupakan salah satu Teknologi Canggih yang ada di Indonesia nih Sobat.

Bentuk keris bisa dibilang memiliki teknologi penempaan besi yang luar biasa untuk ukuran masyarakat zaman dahulu.

Sekedar Informasi nih Sobat, keris dibuat melalui Murni Proses Penempaan. Penempaan yang disertai dengan Pelipatan sendiri dilakukan dengan tujuan untuk mencari kemurnian dari besi yang digunakan.

Meskipun proses pembuatannya yang terbilang sulit dan memakan waktu lama karena bermula dari besi yang dilipat-lipat bahkan hingga ribuan kali, tapi hal ini sebanding dengan hasilnya yang unik dan menarik.

Penyebutan istilah keris sendiri telah tercantum pada prasasti abad ke-9 Masehi, namun asal usulnya masih belum sepenuhnya terjelaskan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *