5 JAMUR INI HARUS KAMU HINDARI AGAR TIDAK KERACUNAN!!!

Hallo para pembaca yang GakBiasa, apakah kalian suka makan jamur?. Saat ini sudah umum bagi masyarakat untuk mengkonsumsi jamur, bahkan bisa kita temukan pada Mie Instant. Berkat perkebangan zaman, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah jamur itu beracun atau tidak.

Tapi taukah kalian bahwa ada sebagian jamur di dunia ini yang sangat beracun, bahkan bisa menyebabkan kematian. Kali ini admin sudah merangkum lima jamur paling beracun di dunia, yuk mari baca!

  • False Morel
Sumber

False morel merupakan penyebutan dari beberapa spesies jamur yang menyerupai Morchella (morel sejati). Jamur ini sangat beracun untuk dikonsumsi, karena adanya senyawa Monomethylhydrazine (MMH) yang dapat memicu kanker.

Dikarenakan bentuknya yang mirip sekali dengan jamur Morchella, terkadang orang salah mengira jamur ini dan mengambilnya.

  • Death Cap
Sumber

Death Cap atau nama latinnya Amanita phalloides merupakan jamur beracun dan mematikan yang tersebar luas di Eropa. Saking beracunnya jamur ini, hanya dengan mengkonsumsi kurang dari setengah jamur ini dapat membunuh manusia dewasa. Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jamur ini membuat gagal hati dan ginjal yang mana itu sangat berakibat fatal.

  • Clitocybe dealbata
Sumber

Clitocybe dealbata atau biasa disebut “Corong gading” merupakan spesies jamur yang biasa tumbuh pada daerah rerumputan Eropa dan Amerika Utara. Jamur ini juga disebut “Jamur Berkeringat”, hal ini dikarenakan gejala yang timbul setelah mengkonsumsinya. Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jamur ini yaitu keracunan agen saraf, yang menyebabkan peningkatan cairan pada tubuh (air liur, keringat dan air mata) selama 15 menit setelah mengkonsuminya.

Kasus kematian jarang terjadi pada jamur ini, hanya saja jika mengkonsumsi dengan jumlah lebih banyak dapat menyebabkan mual, sakit perut, diare, kaburnya penglihatan dan sesak nafas.

  • Podostroma Cornu-damae
Sumber

Podostroma Cornu-damae atau biasa disebut dengan nama “koral api beracun”. Jamur ini terkesan unik karena bentuknya yang tidak seperti jamur pada umumnya, ditambah warnanya yang merah menyala. Jamur ini sangat beracun dan bertanggung jawab untuk kasus kematian beberapa orang di Jepang karena mengkonsumsinya.

Jamur ini menjadi beracun karena adanya kandungan trichothecene mycotoxins yang sangat berbahaya untuk tubuh. Gejala yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jamur ini yaitu sakit perut, kulit wajah terkelupas, kerontokan rambut, hingga penyusutan otak.

  • Deadly Dapperling
Sumber

Deadly Dapperling atau nama latinnya Lepiota brunneoincarnata merupakan jamur yang tersebar Eropa dan sebagian daerah Asia. Jamur ini biasa tumbuh di daerah berumput seperti kebun, ladang, dan taman.

Dikarenakan bentuknya (seperti orang sering kali salah mengira bahwa jamur ini bisa dimakan, padahal jamur ini sangat berancun dan sudah banyak memakan korban. Hal itu terjadi karena kandungan alpha-amanitin yang sangat mematikan.

Gejala yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi jamur ini yaitu diawali dengan mual dan muntah-muntah, dan disusul dengan kerusakan hati.

Jadi itu dia pembahasan admin mengenai jamur paling beracun di dunia. Mengkonsumsi jamur yang aman menjadi pilihan terbaik untuk kita, dan jangan sekali-kali mencoba untuk mengkonsumsi jamur yang tidak kita ketahui, karena dapat membahayakan tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *