Buaya Hewan Setia ? 5 Hewan Setia Pada pasangannya

angsa simbol kesetiaan

Beberapa Hewan walaupun tidak memiliki pikiran sebaik manusia ternyata memiliki sifat setia pada pasangannya. Hal ini disebut dengan monogami atau hanya memiliki satu pasangan. Terkesan romantis tapi hal ini memang benar adanya. Tidak seperti manusia yang berkata setia tapi pada kenyataanya bermain dimana-dimana. Berikut beberapa hewan yang memiliki sifat monogami atau bahasa kitanya setia pada pasangan

BUAYA

Buaya merupakan hewan dengan karakter setia.Di Indonesia terdapat istilah kata “Buaya Darat” dimana buaya dianggap sebagai hewan yang paling tidak setia atau hewan yang mudah selingkuh.Faktanya tidak demikian, Buaya sangat setia pada pasangan, hewan ini menjaga dan melindungi pasangannya.

Buaya hanya akan memiliki satu pasangan seumur hidupnya, reptil setia ini sangat menyayangi pasangannya dimana buaya akan menjadi protektif ketika buaya betina sedang bertelur. Hal ini akan dilakukan hingga buaya betina dan anaknya cukup kuat untuk ditinggalkan. Ketika Musim kawin tiba, buaya jantan akan kembali mencari buaya betina yang sama.

Ketika buaya betina mati, buaya jantan tidak akan menikah lagi. Buaya jantan tersebut akan sendirian hingga akhir hidupnya. Adat pernikahan betawi menggunakan buaya sebagai simbol kesetiaan pada pernikahan. Adat tersebut adalah Roti Buaya, hal ini karna suku betawi menganggap pernikahan hanya dilakukan satu kali seumur hidup.

ANGSA

Angsa merupakan hewan setia pada pasangan karna angsa juga memilki karakteristik monogami. Unggas ini merupakan simbol cinta dan kesetiaan. Keunikan angsa yang lain adalah ketika Pose 2 angsa yang saling berhadapan terlihat seperti sebagai lambang cinta yang selama ini kita kenal.

Angsa liar hanya akan memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Sedikit berbeda dengan hewan sebelumnya, angsa akan mencari pasangan baru ketika pasangan sebelumnya telah mati. Walaupun begitu angsa dijadikan sebagai simbol kesetiaan dan kesuburan bagi masyarakat tionghoa. Ketika anak mereka menikah, mereka akan menghadiahi angsa sebagai pengharapan doa kesetiaan dan cinta yang abadi bagi anak mereka.

MERPATI

Merpati merupakan hewan yang sangat setia pada pasangannya. Sama seperti hewan setia lainnya, Merpati memiliki sifat monogami, hal ini membuat merpati akan mencintai dan hidup dengan pasangan hingga akhir hidupnya.

Ketika mendapatkan pasangan hidup, merpati akan bekerja sama dalam hubungannya. Membangun rumah hingga mengerami telur dilakukan bersama. Merpati jantan dapat mengerami telurnya ketika merpati betina sedang diluar.

Merpati dianggap sebagai simbol cinta dan kesetiaan. Jika kalian memperhatikan dengan seksama, Merpati digunakan sebagai simbol di undangan pernikahan.

SERIGALA

Serigala termasuk kedalam hewan monogami yang berarti hewan ini akan memiliki satu pasangan hingga akhir hidupnya. Hewan buas ini merupakan mahkluk yang sangat sosial dimana masing-masing serigala akan diatur dengan hirarki

Walaupun serigala adalah mahkluk sosial, tetapi terdapat istilah Serigala Penyendiri. Terkesan keren dan kuat, namun sebenarnya serigala penyendiri biasanya adalah betina tua yang mencari kelompok lain. Serigala betina tersebut melakukan ini untuk menghindari pernikahan sedarah.

Sifat monogami serigala ini membantu spesies ini untuk dapat bertahan dari seleksi alam. Hal ini karna hewan yang memiliki sifat monogami merupakan keturunan murni dan memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat dibanding hasil mutasi gen atau kawin dengan spesies lain.

BERANG-BERANG

Berang-Berang merupakan hewan setia yang memiliki sifat monogami yang berasal dari spesies pengerat. Hewan ini akan mencintai dan tinggal bersama pasangannya hingga kematian yang memisahkan. Hewan ini akan bekerja sama dengan pasangan ketika telah menemukan jodohnya.

Berang-berang sangat bertanggung jawab dengan pasangan hingga anaknya. Mereka memiliki kecerdasan untuk dapat bertahan hidup dan melindungi keluarganya. Berang-berang akan menjaga anaknya hingga anak tersebut meninggalkan koloni untuk membuat koloni baru.

Nah itu tadi hewan yang bisa mengalahkan mnausia dalam hal kesetiaan. Sifat monogami yang dimiliki beberapa hewan dapat dijadikan pedoman dan filosofi yang bisa digunakan untuk membuat hidup menjadi lebih baik. Hewan tersebut setia pada pasangannya hingga akhir hidupnya.